Berita

Shalat Idul Adha Dan Kurban Di Lanud El Tari

Dibaca: 8 Oleh 28 Sep 2015Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Pelaksanaan sholat Idul Adha 1436 H di daerah Penfui dan sekitarnya dilaksanakan di Apron Lanud El Tari. Ribuan umat Islam yang tinggal di Kupang bagian timur berduyun-duyun memadati Apron Lanud El Tari untuk mengikuti sholat Idul Adha 1436 H. Ceramah disampaikan oleh ustadz Drs. Usman Daud, M .A., berlansung dengan tertib dan aman. Kamis. (24/09).

Sebelum sholat dimulai, Danlanud El Tari Kolonel Pnb Andi Wijaya,S.Sos menyampaikan sambutannya tentang hikmah perayaan hari raya Idul Adha 1436 H. Hendaknya Idul Adha dapat dimaknai untuk meningkatkan keimanan dengan cara berbuat ikhlas tanpa pamrih. Juga mengilhami perbuatan untuk berkurban dan rela berbagi. Hal ini sebagaimana yang dicontohkan dari riwayat Nabi Ibrahim AS ketika hendak menyembelih putranya. Karena perbuatan ikhlas dan rela berkurban, maka Alloh menggantikannya dengan balasan yang lebih indah dan mulia. Bukan putranya yang di sembelih melainkan dig anti dengan seekor Kibas atau Domba, peristiwa itulah yang kemudian menjadi symbol bagi umat Islam sebagai wujud ketaqwaan seorang manusia mentaati perintah Alloh Swt. Tujuan dari Qurban adalahTaqarrub kepada Allah Swt yaitu mendekatkan diri kepada Alloh swt untuk memperoleh rahmat magfiroh dan ridhonya.penyembelihan hewan kurban ini niatnya hanya Alloh, yang sampai kepada Alloh bukan darah/ daging kurban tapi keimanan dan ketaqwaan orang berkurban.

Baca juga:  Pesonel Militer Kodikau Latihan Menembak

Ustadz. Drs. Usman Daud,MA, dalam ceramahnya meyampaikan hikmah memperingati hari raya Idul Adha dalam bentuk takbir dan tasyakur. Makna takbir berarti pengakuan akan kebesaran Alloh, sebagaimana dilihat dan dirasakan pada hari ini, semua umat Islam di dunia serentak mengumandangkan takbir memuji nama Alloh. Bentuk tasyakur sebagai cermin bagi insan manusia bahwa rasa syukur akan membuat hidup serasa bernilai, yang mencerminkan bahwa ada kekuatan besar yang selalu mengatur umat manusia dunia dan seisinya, yakni Alloh SWT. Pengakuan rasa syukur yang tercermin dengan penyembelihan hewan kurban dan pembagiannya kepada umat lain, menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang toleran, selalu ingat berbagi kebaikan kepada orang lain. Perayaan hari raya Iedhul Adha 1434 H diakhiri dengan penyerahan hewan korban oleh Danlanud El Tari kepada ketua panitia korban di masjid Al Mujahidin Lanud El Tari.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel