Berita

SHARING INFORMASI “INSTRUMENT APPROACH”

Dibaca: 11 Oleh 28 Jul 2010Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Mission first but safety always adalah moto yang harus selalu dipegang teguh dalam menjalankan setiap misi operasi penerbangan.   Tidak terkecuali latihan yang walaupun telah digelar serutin apapun tetap mengedepankan safety dan security.

Pada Latihan Bersama Teak Iron 2010 yang digelar di Lanud Husein Sastranegara antara TNI AU dan US Air Force kedua kata safety dan security selalu didengungkan untuk kembali mengingatkan awak penerbangan agar selalu waspada dalam menghadapi segala situasi dan kondisi termasuk cuaca yang ekstrim sekalipun.

Latihan yang memasuki hari kedelapan ini kembali melatih Pasukan Khas TNI AU untuk melaksanakan freefall HAHO (High Altitude High Opening) dengan dropping zone di Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung, dengan loading pasukan dari Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Rabu (28/7).

Pesawat Herkules A-1318 dengan pilot Mayor Pnb Putu S.D., beserta duabelas aircrew lainnya take off dari landas pacu Lanud Husein S., sekitar pukul 09.30 WIB dan berhasil mendaratkan 37 peterjun Paskhas di Lanud Sulaiman.

Baca juga:  DANLANUD ABD SALEH RESMIKAN MUSEUM DIRGANTARA

Seusai sesi penerbangan, yang pada hari ini hanya diisi oleh pasukan TNI AU, dilanjutkan dengan classical class yang membahas materi Instrument Approach, disampaikan oleh Major Specht dibantu oleh SGT Koons dari US Air Force.

Sharing informasi yang disampaikan antara lain prosedur masuk ke terminal aerodrome oleh para penerbang USAF yang menggunakan Terminal Instrument Procedures (TERPS) sementara untuk prosedur penerbangan internasional menggunakan system dari International Civil Aviation Organization (ICAO).

Perbedaan itu misalnya terletak pada saat bank angle atau ketika memutari runway, pilot USAF menggunakan titik 30 dengan radius VOR 1,7 Nautical Mile (NM) sementara versi ICAO berada pada titik 25 dengan radius 4,2 NM.   Selain itu kecepatan approach USAF 140 knot/speed thrasehold dan ICAO 180 knot.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel