Berita

SHOLAT IDHUL FITRI DI LANUD PADANG

Dibaca: 6 Oleh 27 Mei 2010Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Umat muslim Lanud Padang beserta umat muslim lainnya yang berada di sekitar Pangkalan TNI AU Padang melaksanakan Sholat Idhul Fitri 1430 H yang bertempat di Apron Lanud Padang pada hari Minggu, 20/09.

 

Pada pelaksanaan Sholat Idhul Fitri tersebut, Danlanud Padang, Letkol Pnb Renalda T Damanik pada sambutannya yang dibacakan oleh Kadisops, Kapten Lek Wasito menyampaikan bahwa, kita baru saja menyelesaikan amal ibadah puasa dibulan Ramadhan. Sungguh banyak rahmat Allah yang kita peroleh dalam bulan Ramadhan, berupa bekal hidup yang memberikan modal rohaniah bagi kita untuk meneruskan upaya dalam melanjutkan reformasi. Paket amal Ramadhan yang berintikan ibadah puasa telah membekali kita dengan taqwa yang mengembangkan kesadaran akan hadirnya Allah SWT dalam kehidupan kita. Lebih lanjut Danlanud menyampaikan beberapa hikmah yang terkandung dalam puasa Ramadhan antara lain :

 

pertama , puasa merupakan sarana pendidikan bagi umat manusia agar bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wata’ala, membiasakan diri untuk patuh terhadap perintah-Nya dan menghambakan diri kepada-Nya.

Baca juga:  IRJENAU KUKER DI LANUD ADISUTJIPTO

 

kedua , puasa melatih dan membiasakan diri untuk tetap sabar dan tawakal terhadap segala cobaan. puasa menjadikan kita untuk dapat menahan diri dan tidak membiasakan untuk mengumbar hawa nafsu.

 

ketiga, puasa merupakan sarana untuk menumbuhkan rasa kasih sayang dan rasa persaudaraan, sehingga mendorong kita untuk peduli dan dengan ikhlas menyantuni orang-orang yang tidak berkecukupan.

 

Dengan hikmah puasa ramadhan tersebut diharapkan kita mampu tampil sebagai “ khairu ummah” sebagai umat terbaik dan pelopor kebaikan serta teladan dalam mencegah kemungkaran, selain itu Danlanud juga menghimbau kepada umat Islam umumnya dan warga Lanud Padang khususnya, agar hikmah hari raya Idhul Fitri ini sebagai landasan untuk meningkatkan motivasi juang kita sebagai prajurit TNI dengan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan dalam rangka pengabdian kita kepada negara dan bangsa serta menciptakan hubungan silaturrahmi yang baik, yang dilandasi rasa cinta, kasih sayang, dan saling tolong menolong diantara sesama. Karena agama mengajarkan kepada kita, sebagaimana yang disampaikan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wassalam bahwa tidak beriman seorang hamba hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.

Baca juga:  DANREM 031/WB KUNJUNGI LANUD PEKANBARU

 

Sementara itu pada pelaksanaan Sholat Idhul Fitri 1430 H tersebut yang bertindak sebagai Khotib adalah ustad Drs Ir. H. Asrizal Dahlan, SH. MPd. Dalam kotbahnya mengatakan bahwa pelaksanaan ibadah sholat Idhul Fitri menjadi penanda bahwa bulan Ramadhan yang baru lewat sudah kita isi dengan memperbanyak amal ibadah, mudah-mudahan kita termasuk golongan yang mendapatkan kemenangan dan mengalami peningkatan karena telah melaksanakan amal dan ibadah dengan keberhasilan mengendalikan hawa nafsu. Sehingga pada 1 syawal 1430 H ini kita kembali fitroh dan mendapatkan pengampunan dosa-dosa yang telah kita lakukan selama ini. (PENTAK LANUD PADANG)

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel