Berita

SHOLAT IDUL ADHA 1432 H / 2011 DI LAPANGAN LEGIMIN LANUD MERAUKE

Dibaca: 8 Oleh 07 Nov 2011Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Ribuan kaum muslimin dan muslimat Minggu (6/11/11) nampak memadati Lapangan Olah Raga Legimin Lanud Merauke untuk melaksanakan Sholat Idul Adha 1432 H secara berjamaah yang dihadiri oleh Komandan Lanud Merauke dan beberapa pejabat pemerintah daerah. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai hasil kesepakatan antara Pemerintah Daerah dengan Panitia Hari-hari Besar Islam Wilayah Kabupaten Merauke. Dan untuk pelaksanaan sholat Idul Adha kali ini ditetapkan di dua tempat yaitu di Masjid raya Al-Aqso Merauke dan Lapangan olah raga Legimin Lanud Merauke, khusus pelaksanaan sholat Idul Adha 1432 H di lapangan Lanud Merauke bertindak selaku Imam Bapak Nasrin Mustafa, S.Sos dan Bapak Drs. H. Muhtar Maulana, MH. selaku khotib. Namun malam hari sebelum pelaksanaan sholat ied telah dilaksanakan Takbir Keliling dengan parade kendaraan roda empat yang diikuti oleh Institusi TNI/Polri, berbagai instansi dan lapisan masyarakat. khususnya umat muslim yang berada disekitar wilayah kabupaten Merauke, dengan rute mengelilingi kawasan kota Merauke. Rombongan Takbir keliling yang mengambil START dan FINISH di depan Masjid raya Al – Aqso Kabupaten Merauke yang dilepas oleh perwakilan dari Muspida Kabupaten Merauke, dan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Kolonel Laut Rochmad Suhadji yang sehari-hari menjabat sebagai Aspers Lantamal XI Merauke.

Baca juga:  Danlanud ZAM Patroli Memantau Lebaran Ketupat Bersama Wali Kota Mataram

Seperti tahun-tahun sebelumnya Komandan Lanud Merauke Letkol Pnb Yostariza selaku Tuan Rumah menyampaikan beberapa uraian dalam sambutannya, Dengan datangnya hari raya Idul Qurban yang mulia ini, kita wajib bersujud syukur kehadirat Allah SWT karena kita masih diberikan kekuatan dan kemampuan untuk melakukannya. Namun disisi lain kita juga ikut prihatin atas musibah yang dialami oleh sebagian saudara-saudara kita di daerah lain yang mengalami musibah tanah longsor, gempa bumi dan gunung meletus. hal tersebut merupakan cermin dan peringatan dari Allah SWT kepada umatNya, bahwa kita sebagai umat yang masih diberikan kekuatan, keselamatan dan perlidungan dituntut untuk selalu ingat dan mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT tersebut dengan jalan berkurban seperti yang diajarkan oleh junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, atau membagikan sebagian dari rejeki yang kita miliki untuk sesama umat melalui lembaga-lembaga amil zakat resmi yang telah ditunjuk oleh pemerintah baik yang ada dipusat maupun daerah.

Dengan demikian momen hari raya dan sholat Idul Adha yang kita laksanakan ini, menunjukan kepada kita semua bahwa umat manusia yang menghuni jagad raya ini pada dasarnya sama, artinya sama-sama sebagai hamba Allah yang diwajibkan untuk mematuhi perintahNya dan menjauhi laranganNya, yang dipenuhi oleh semangat dan rasa persatuan serta persamaan dibawah satu komando Iman. Hal ini mengajarkan kepada kita agar dalam usaha dan perjuangan menegakkan serta menyiarkan agama, membina dan membangun umat, bangsa, dan negara harus bersatu padu, tidak bercerai berai dan terpecah belah oleh ajakan dan hasutan orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang senang bila melihat kehancuran. Saya berharap hal tersebut tidak sampai terjadi di daerah ini.

Baca juga:  Dankormar Cup 2016 "Satbravo 90 Paskhas Borong 6 Medali Emas" Kejuaraan Menembak

Selanjutnya khutbah Idul Adha 1432 H yang disampaikan oleh Drs. H. Muhtar Maulana, MH. Selaku Khotib : Pada hari ini tepatnya 10 dzulhijah seluruh jamaah haji menyempurnakan ibadah hajinya dengan melakukan ibadah jumrah di Mina dan melakukan tawaf ibadah sebagai penutup dari haji tersebut. Salah satu hikmah Allah dalam mensyariatkan ibadah adalah Dia menjadikannya beragam, dimana hal tersebut dapat dilihat dalam ibadah-ibadah yang merupakan rukun Islam. Syahadat merupakan ibadah hati karena ia merupakan keyakinan dasar yang kemudian dilafazkan dengan lisan, sementara shalat adalah gerakan jasad, ia merupakan ibadah badani, lain lagi dengan puasa yang merupakan sikap menahan diri, kemudian zakat yang merupakan ibadah hartawi dan yang kelima adalah haji yang menggabungkan semua sisi dari keempat ibadah sebelumnya. Dari sinilah ibadah haji termasuk ibadah yang terakhir diwajibkan kepada kaum muslimin yaitu pada tahun ke 9 Hijriah.

Ibadah haji dilakukan oleh kaum muslimin pada bulan haji, dan diantaranya adalah hari ini. Hari dimana kaum muslimin menjalankan ibadah yang besar dalam ritual haji, seperti melempar jumrah kubra, menyembelih beberapa hewan kurban, mencukur rambut, kemudian thawaf disekeliling ka’bah, sa’I antara shafa-marwah.

Baca juga:  Mayor Kal Andri Winarko, S.T Resmi Jabat Kadislog Wingdikum

Selesai melaksanakan sholat Idul Adha Komandan Lanud Merauke langsung menuju Masjid Al Ikhlas yang berlokasi di Komplek Angkasa Lanud Merauke untuk menyerahkan hewan qurban berupa 1 ekor sapi secara simbolis kepada Panitia Idul Adha 1432 H/2011 Lanud Merauke Kapten Adm Fadhli Tanjung. Sedangkan secara keseluruhan hewan qurban yang berasal dari warga Lanud Merauke sebanyak 2 (dua) ekor sapi dan 4 (empat) ekor kambing. Setelah kegiatan penyembelihan hewan qurban selesai maka dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang berada disekitar lingkungan Lanud Merauke.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel