Berita

SHOLAT IDUL ADHA 1432 H DI LANUD EL TARI

Dibaca: 8 Oleh 07 Nov 2011Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Sholat Idul Adha 1432 H dilaksanakan di shelter Lanud El Tari pada tanggal 6 November 2011. Selaku Imam Bapak Jawas Syafrudin, S.Ag, Khotib Bapak Drs. H. Abd. Syukur Hasan, M.H. sebelum Sholat Idul Adha di mulai terlebih dahulu sambutan Dan Lanud El Tari Kupang, Letkol Nav Joko Winarto ,SE.

Dalam sambutanya Dan Lanud El Tari menyampaikan Hari raya Idul Adha merupakan hari raya yang istimewa, karena dua ibadah agung dilaksanakan pada hari raya, yaitu ibadah Haji dan ibadah Qurban. Keduanya disebut oleh Al Quran sebagai salah satu dari syi’ar-syi’ar Allah SWT yang harus dihormati dan diagungkan oleh hamba-hambaNYA. Hari raya Idul Adha mengingatkan akan ketinggian nilai ibadah haji dan ibadah Qurban yang sarat dengan pelajaran kesetiakawanan, ukhuwah, pengorbanan dan mendahulukan kepentingan dan kemaslahatan. Ibadah Qurban bukan sekedar penyembelihan hewan kurban tanpa nilai rohani. Al Quran mengingatkan kurban dengan penyebutan asma Allah Yang Maha Kuasa dengan kemantapan iman serta penuh kepasrahan dan ketabahan dalam menghadapi musibah.

Baca juga:  Baksos Lemhannas dan Usahid Untuk Korban Banjir Subang

Al Quran juga menyebutkan bawa bukan daging atau darah kurban yang sampai kepada Allah SWT, melainkan ketaqwaan yaitu kesediaan, ketaatan dan kesetian serta keiklasan untuk memenuhi perintah Allah SWT. Tujuan ibadah Qurban merupakan wasilah untuk mencapai ketaqwaan kepada Allah SWT, sedangkan penyembelian Kurban merupakan tindakan simbolis bagaimana untuk menundukkan sifat-sifat hewan yang bersemayam dalam tubuh manusia yang dikenal dengan hawa nafsu.

Selanjutnya khotib menyampaikan tentang makna dari qurban tersebut yaitu tentang kisah pengorbanan Nabi Ibrahim ketika mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyembelih putra kandungnya Ismail, karena kesetiannya kepada Allah SWT, Nabi Ibrahim akhirnya menyembelih putra kandungnya dengan cara membelakangi, alangkah terkejutnya ketika melihat teryata yang di sembelih bukan putranya melainkan sudah diganti dengan seekor domba jantan oleh Allah SWT.

Setelah melaksanakan sholat Idul Adha Dan Lanud El Tari menyerahkan hewan qurban secara simnbolis kepada ketua panitia qurban bapak M. Arbani di Masjid Al Mujahidin Lanud El Tari.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel