Berita

Sholat Idul Adha 1438 H di Lanud Supadio

Dibaca: 6 Oleh 04 Sep 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Bertempat di main Apron Lanud Supadio dilaksanakan Sholat Idul Adha 1438 H yang dihadiri segenap warga muslim Pangkalan TNI AU Supadio dan masyarakat sekitar Lanud, Jum’at (1/9). Sejak pukul 06.00 WIB kaum muslimin dan muslimat dari berbagai tempat memadati main Apron Lanud Supadio guna mengikuti sholat Idul Adha 1438 H.

Pelaksanaan sholat diawali dengan laporan Ketua Panitia, Sambutan Danlanud Supadio Marsekal Pertama TNI Minggit Tribowo, S.IP yang dibacakan Danwing Udara 7 Kolonel Pnb M. Yani Amirullah, setelah pelaksanan sholat dilanjutkan khotbah Idul Adha yang disampaikan oleh ustadz H. Ahmad Ridwan Bahrin, Lc., M.A dan diakhiri dengan penyembelihan dan pembagian daging kurban di mesjid Baitussalam Lanud Supadio.

Danlanud Supadio dalam sambutannya mengatakan bahwa sholat Idul Adha merupakan sholat sunnat muakad yang sangat dianjurkan kepada umat muslim. Dari rangkaian sholat Idul Adha ini kita akan lanjutkan dengan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban sebagaimana yang difirmankan Allah SWT dalam Al Qur’an.

“Dalam Al Qur’at tersebut meriwatkan betapa ketinggian iman dan ketaatan Nabi Ibrahim As, Nabi Ismail As dalam melaksanakan perintah Allah SWT, walaupun jiwa dan raganya menjadi taruhan namun dengan tulus dan ikhlas melaksanakan perintah Allah SWT”, kata Danlanud.

Baca juga:  Lanud Sutan Sjahrir Sosialisasikan New Normal Dalam Rangka Penanggulangan Covid 19

Berkaitan dengan peristiwa tersebut, lanjut Danlanud, kita dapat mengambil hikmah keteladanan dari nabi Ibrahim As dan nabi Ismail As yang rela berkorban dengan tulus dan ikhlas didasari iman dan taqwa serta kedekatan dan kecintaan yang tinggi kepada Allah SWT sehingga keduanya lulus dari ujian yang sangat berat yang diberikan oleh Allah SWT kepadanya.

“Saat ini kita diwajibkan berkurban yang diwujudkan dengan penyembelihan hewan qurban. Hal ini memiliki makna tidak hanya masalah penyembelihan hewan qurban tersebut tetapi harus juga dilandasi dengan adanya keikhlasan dan ketulusan dalam perbuatan yang kita lakukan atas dasar kesadaran bukan karena paksaan,” jelas Danlanud.

Sedangkan ustadz H. Ahmad Ridwan Bahrin, Lc., M.A selaku imam dan khotib dalam khotbahnya mengatakan didalam hari raya Idul Adha ada dua ibadah yang utama yaitu ibadah haji dan penyembelihan hewan kurban.

“Dalam dua ibadah tersebut mengandung hikmah yang sangat mendalam bagi umat Islam. Hikmah tersebut diantaranya kita umat muslim belajar untuk ikhlas. Dari ibadah kurban yang dituntut adalah keikhlasan dan ketakwaan, itulah yang mendapat ridho Allah SWT. Selain itu dalam ibadah kurban haruslah mengikuti tuntutan Nabi Muhammad SAW agar kurban kita diterima oleh Allah SWT”, pungkasnya.

Baca juga:  Rakor Jajaran Wing II Paskhas

Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha warga Lanud Supadio menuju ke mesjid Baitussalam untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban. Adapun tema yang diusung pada peringatan Idul Adha tahun ini yaitu Melalui hikmah Idul Adha 1438 H kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan serta sikap rela berkorban guna mewujudkan prajurit yang kuat, hebat, profesional dan dicintai rakyat.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel