Berita

Sholat Iduladha dan Pemotongan Hewan Kurban di Lanud Supadio

Sholat Iduladha Dan Pemotongan Hewan Kurban di Lanud Supadio
#TNIAU 

TNI AU.  Bertempat di main Apron Lanud Supadio dilaksanakan Sholat Iduladha 1440 H yang dihadiri segenap warga muslim Pangkalan TNI AU Supadio bersama-sama dengan masyarakat sekitar Lanud Supadio, Kubu Raya, Minggu (11/8).  Mulai pagi hari sekira pukul 06.00 WIB disekitar apron masih berselimut kabut,namun tak menyurutkan semangat kaum muslimin dan muslimat dari berbagai tempat memadati main Apron Lanud Supadio guna mengikuti sholat Idul Adha 1440 H.

Pelaksanaan sholat diawali dengan laporan Ketua Panitia, Sambutan Danlanud Supadio Marsekal Pertama (Marsma) TNI Palito Sitorus, S.IP., M.M, setelah pelaksanan sholat dilanjutkan khutbah Iduladha yang disampaikan oleh ustadz H. Muhammad Ali Iskandar Al Fadhani, S.T dan diakhiri dengan penyembelihan dan pembagian daging kurban di mesjid Baitussalam Lanud Supadio.

Danlanud Supadio dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran kita hari ini, bersamaan dengan kehadiran jutaan jamaah haji dari segala penjuru dunia yang sedang melaksanakan ibadah haji ditanah suci Mekkah.

“Prosesi manasik ibadah haji dan peringatan Iduladha, tidak lepas napak tilas sekaligus mengenang seorang hamba yang beriman yaitu Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail A.S Keagungan pribadi kedua Nabi tersebut beserta keluarga serta keteguhannya dalam berjuang menegakkan aqidah, tauhid dan pemurnian loyalitas manusia kepada Allah SWT membuat kita harus mengambil keteladanan darinya,” kata Danlanud. 

Menurut Marsma TNI Palito Sitorus, Iduladha merupakan momentum dari sekian banyak hari besar Islam yang memiliki dampak syiar bersifat ritual maupun sosial bagi pembangunan keagamaan di masyarkat.

“Iduladha juga merupakan wujud rasa syukur umat Islam atas berbagai kenikmatan yang telah diperoleh serta ketaatan kepada perintah Allah SWT agar selalu dapat mendekatkan diri kepada-Nya,” jelas Danlanud.

Sedangkan Ustadz H. Muhammad Ali Iskandar Al Fadhani selaku imam dan khotib dalam khutbahnya menjelaskan hari Raya Iduladha atau Hari Raya Kurban adalah hari raya yang penuh dengan nilai-nilai perjuangan dan pengorbanan.

“Hari Raya Iduladha mengingatkan kepada kita akan kebesaran nilai-nilai ajaran Allah SWT dan menghimbau kepada umat Islam betapa penting perasaan pengorbanan dalam menegakkan nilai-nilai tersebut,” pungkasnya.

Dalam rangka peringatan Hari Raya Iduladha tahun ini, segenap warga Lanud Supadio telah menyelenggarakan kegiatan takbiran, sholat Iduladha dan penyembelihan hewan kurban serta diakhiri pembagian daging kurban bagi yang berhak menerimanya.

Setelah pelaksanaan sholat Iduladha warga Lanud Supadio menuju ke mesjid Baitussalam untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban.  Adapun tema yang diusung pada peringatan Iduladha tahun ini yaitu  Jadikan Hikmah Iduladha 1440 H/2019 M Sebagai Momentum Peningkatan Ketakwaan Dan Semangat Rela Berkorban Guna Mendukung Tugas Pokok TNI.

Sholat Iduladha Dan Pemotongan Hewan Kurban di Lanud Supadio

Sholat Iduladha Dan Pemotongan Hewan Kurban di Lanud Supadio

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel