Berita

Si Codot Penghuni Baru Tugu Helikopter Lanud Ats

Dibaca: 99 Oleh 18 Sep 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Tugu helikopter Lanud Atang Sendjaja yang semula ditempati oleh pesawat helikopter Mi-1 dengan nomor registrasi H-21, kini diganti dengan pesawat Twin Pack dengan nomor registrasi H-3415 karena Mi-1 pindah rumah baru ke Museum pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Jogjakarta.

Selain diisi oleh penghuni yang baru, model dari tugu ketika ditempati pesawat Mi-1 juga berubah karena disesuaikan dengan bodi pesawat Twin Pack yang ditempatkan di lokasi tugur tersebut.

“Proses relokasi pesawat helikopter Twin Pack H-3415 dari hanggar lengkung Skatek 024 dilaksanakan di malam hari dengan melihat pada kondisi arus lalu lintas di sekitar lokasi tugu helikopter, ungkap Komandan Skatek 024, Letkol Tek Sri Harijanto. Menurut Danskatek 024, sebelum pergeseran pesawan Twin Pack, lokasi tugu telah lebih dahulu disiapkan khususnya untuk jalan masuk Towing Car yang menarik/mengangkut Twin Pack H-3415. “Tadi siang akses masuk Towing Car sudah disiapkan oleh Seksi Fasilitas dan intstalasi (Seksi Fasint) Lanud Atang Sendjaja, dibawa pimpinan Kasi Fasint Lanud Ats, Mayor Sus Heru Sugianto, S.E,” terang Danskatek 024.

Baca juga:  Itjenau Wasrik di Lanud Husein Sastranegara

Lebih lanjut Danskatek 024 menjelaskan bahwa pergeseran Twin Pack H-3415 dengan towin car dari hanggar lengkung Skatek 024 menuju Pos Penjagaan Satpom Lanud Ats, selanjutnya menunggu situasi arus lalu lintas. “Setelah kondisi arus lalu lintas sudah memungkinkan untuk pergeseran pesawat Twin Pack menuju tugu, maka pesawat Twin Pack H-3415 kemudian kami geser ke lokasi tugu,” jelas Letkol Tek Sri Harijanto. Memang arus lalu lintas di jalan raya semplak yang merupakan area lokasi tugu helikopter Lanud Atang Sendjaja, baik yang menuju dan dari arah Salabenda, maupun yang berbelok dari dan menuju ke Bantar Kambing cukup ramai cenderung padat mengingat banyaknya kendaraan kembali dari perjalanan liburan.

Setelah situasi jalan memungkinkan, secara perlahan pesawat Twin Pack H-3415 digeser dan ditempatkan di tugu helikopter yang telah berubah modelnya karena menyesuaikan dengan kondisi bodi pesawat, berbeda dengan tugu yang sebelumnya ditempati oleh helikopter Mi-1.

Dengan terpasangnya helikopter Twin Pack H-3415 di lokasi tugu helikopter tersebut, maka pertanyaan masyarakat tentang adakah helikopter lain yang akan dipasang di tugu helikopter tersebut terjawab sudah, sehingga icon “tugu heli” tetap menjadi tanda pengenal ketika memasuki wilayah Lanud Ats.

Baca juga:  Kuker Ketua PIA AG Daerah II Koopsau II Ke Lanud Sultan Hasanuddin

Hadir dalam proses pergeseran pesawat Twin Pack H-3415, Komandan Lanud Ats, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos, Komandan Wing 4, Kolonel Pnb Hendro Arief H, S.Sos, Dansatpom Lanud Ats, Letkol Pom Letkol Pom Kadek Jaya Kusumantara, dan Komandan Skatek 024, Letkol Tek Sri Harijanto.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel