Berita

Si Kumbang Jadi Koleksi Terbaru Muspusdirla

Dibaca: 20 Oleh 18 Okt 2017Tidak ada komentar
Si Kumbang Jadi Koleksi Terbaru Muspusdirla
#TNIAU 

TNI AU.  Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP menerima penyerahan Pesawat NU-200 “Si Kumbang” dari PT Dirgantara Indonesia di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, Selasa (17/10) siang. Serah terima tersebut ditandai dengan penandatangan berita acara, pemotongan tumpeng dan pemotongan pita.

Dalam sambutannya, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P menuturkan bahwa Pesawat NU-200 “Si Kumbang” merupakan pesawat yang dirancang dan dibuat oleh Mayor Udara Nurtanio Pringgoadisuryo, seorang perintis Industri Pesawat Terbang Indonesia kelahiran Kalimantan Selatan . Dinamakan Si Kumbang karena bentuk rancangannya yang kecil dan dapat menembak dari udara, ibarat seekor kumbang yang mampu menyengat pada saat terbang. Inisial NU berasal dari nama perancang dan pembuatnya yaitu Nurtanio, sedangkan angka 200 menunjukan kekuatan mesin yang digunakan, 200 daya kuda. Pesawat ini mempunyai “single seater” yang dilengkapi dengan senjata otomatis untuk menembak dari udara ke darat, dan dirancang sebagai pesawat anti gerilya.

Dengan diserah terimakan Pesawat NU-200 “Si Kumbang” maka pesawat tersebut mendapat tugas baru yaitu menjadi sarana edukasi baik untuk pendidikan di lingkungan TNI AU maupun bagi masyarakat umum.

Baca juga:  Peringatan Hari Pahlawan 10 November di Provinsi Lampung

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel