Berita

Siaga 1, Lanud Sjamsudin Noor di Serang Musuh

Dibaca: 8 Oleh 24 Jun 2011Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Ketegangan terjadi dikawasan Pangkalan TNI AU Sjamsudin Noor, Rabu dini hari (23/06). Berdasarkan informasi dari Perwira Jaga Lanud Sjamsudin Noor yang berada dan berjaga di wilayah Lanud Sam, pemicunya, segerombolan orang tak dikenal berhasil menyusup ke dalam Mako Lanud Sjamsudin Noor yang akan berusaha menguasai Alutsista yang ada di Lanud Sam. Laporan dari Perwira Jaga Lanud Sam, bahwa telah terjadi bentrokan antar warga terkait dengan adanya isu SARA di lingkungan Lanud Sjamsudin Noor, tepatnya di daerah Tegal Arum Landasan Ulin.

Situasi semacam itulah dibuat kesempatan oleh sekelompok orang tak dikenal berani mengacaukan, menyerang dan ingin menduduki daerah kekuasaan Lanud Sjamsudin Noor. Terkait hal tersebut, tepat pada pukul 03.00 WITA seluruh Personel Lanud Sjamsudin Noor “disiagakan”, dengan terpaksa harus menuju wilayah yang lebih aman yaitu di Desa Kasturi guna mengantisipasi terjadinya bentrokan yang semakin membesar, maka seluruh personel Lanud Sam menyusun Strategi untuk merebut kembali Lanud Sjamsudin Noor.

Pasukan yang telah dibekali dengan peluru tajam SS1 dan dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Mokh. Mukhson. Di pagi buta Pukul 05.00 WITA diadakan penyerangan ke daerah musuh, yaitu dengan merebut kembali Markas Komando Lanud Sjamsudin Noor yang telah di kuasai musuh, dengan perlawanan yang sengit Markas Komando Lanud Sam dapat direbut kembali dari pihak musuh kemudian mereka melarikan diri ke Desa Tegal Arum tepatnya di Lapangan Tembak Lanud Sam. Setelah diadakan konsolidasi semua personil pasukan dalam keadaan aman dan hanya beberapa anggota saja yang terluka akibat dari beratnya medan yang ditempuh untuk menyerang musuh, tetapi semua bisa diatasi dari tim kesehatan Lanud Sam.

Baca juga:  Kunker Kadisfaskonau Di Lanud Surabaya

Saat Mako Lanud Sam sudah dapat dikuasai dan dikendalikan, rupanya musuh memanfaatkan situasi. Dengan menggunakan peralatan yang mereka miliki mereka kembali ingin membalas kekalahan, dengan ingin menguasai Asset yang di miliki Lanud Sam yaitu Lapangan Tembak Lanud Sam.

Komandan Lanud Sam Letkol Pnb Mokh. Mukhson beserta para Kadis dan diikuti oleh seluruh personel Lanud Sam kembali menyusun Strategi untuk merebut kembali Lapangan Tembak Lanud Sjamsudin Noor yang telah dikuasai musuh. Info A1 yang disampaikan pihak pasukan yang berada di Mako Lanud Sam bertahan, sambil mengadakan kontek untuk meminta bantuan, sehingga pada pagi menjelang siang hari pukul 10.00 WITA pasukan segera digerakkan untuk kembali merebut Lapangan Tembak Lanud Sam. Dalam proses penyergapan dan penyisiran para pemberontak diareal tersebut terbagi menjadi 3 peleton, peleton pertama masuk dan menyisir melalui wilayah barat dan peleton ke dua masuk melalui wilayah selatan dan peleton ketiga masuk melalui wilayah utara. Dari 3 titik penyerangan serta mengatur strategi operasi perebutan di bawah terik matahari yang sangat menyengat diikuti angin yang sangat kencang juga harus ditempuh dengan berjalan kaki menelusuri hutan dan bukit yang memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Baca juga:  SOSIALISASI SIMAKBMN DI LANUD BALIKPAPAN

Pukul 13.00 WITA seketika mungkin asset tersebut dapat dikuasai dan para pemberontak dapat pula dilumpuhkan, maka dinyatakan situasi “AMAN TERKENDALI” yang ditandai dengan 3x tembakan ke atas dengan pistol isyarat warna hijau selanjutnya dilaksanakan konsolidasi di Lapangan Tembak Lanud Sam.

Itulah kegiatan yang merupakan bagian dari skenario yang dibuat dalam kegiatan Latihan Menembak dan Pertahanan Pangkalan di Lanud Sam yang dilaksanakan oleh seluruh anggota militer Lanud Sam. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin sekaligus guna mengasah keahlian para masing-masing anggota Lanud Sam dalam melaksanakan Pertahanan Pangkalan baik Pangkalan Udara maupun upaya Pertahanan Asset. Pada hari sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan yang sama bertempat di wilayah AWR Dwi Harmono – Maluka Baulin, kecamatan Kurau Pelaihari.

Komandan Lanud Sam Letkol Pnb Mokh. Mukhson dalam sambutannya sesaat sebelum kegiatan di mulai menekankan kepada seluruh peserta latihan untuk melaksanakan kegiatan latihan menembak dan pertahanan pangkalan ini secara sungguh-sungguh dan tetap mengutamakan keselamatan dalam latihan sehingga tujuan dari latihan ini dapat tercapai dengan baik yaitu untuk mengasah kemampuan kita sebagai prajurit TNI khususnya prajurit matra udara dalam menghadapi tugas-tugas yang akan datang terutama operasi perebutan dan pertahanan pangkalan. Selain itu Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapan personel Lanud Sam dalam menghadapi ancaman terorisme baik dari dalam maupun dari luar NKRI. “Laksanakan program latihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat, patuhi prosedur yang berlaku sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal sesuai dengan program latihan, praktekkan materi pelajaran teori-teori pertahanan pangkalan yang telah diajarkan pada medan pertempuran yang disimulasikan mendekati keadaan yang sebenarnya”, tegas Danlanud.

Baca juga:  Apel Pagi Dan Evaluasi Kegiatan Dissurpotrudau

Dengan diadakannya latihan Hanlan ini diharapkan personel dapat meningkatkan pengamanan Lanud Sam dari tindakan-tindakan anarkis yang mengacam keamanan Lanud Sam maupun disekitarnya. Walaupun sangat banyak keterbatasan tetapi personel Lanud Sam dapat melaksanakan latihan ini dengan sangat baik sesuai dengan apa yang diharapkan. Kegiatan ini diakhiri dengan kegiatan menembak pistol maupun senjata laras panjang di Lapangan Tembak Lanud Sam, Desa Tegal Arum Landasan Ulin.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel