Berita

Sidang Pelanggar Disiplin Anggota TNI AU di Seskoau

Dibaca: 42 Oleh 10 Mei 2013Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Bertempat di Bangsal Srutasala Seskoau, Lembang, Bandung Barat, Rabu (8/5) Komandan Seskoau Marsekal Muda TNI Sudipo Handoyo, S.E. bertindak selaku Hakim Disiplin untuk memimpin sidang pelanggar disiplin seorang Bintara Seskoau atas nama Serma H. Santoso, anggota Denma Seskoau. Pelanggar diajukan dalam sidang karena terbukti melanggar Hukum Disiplin Prajurit TNI berupa pengabaian tata cara cerai-rujuk bagi personel TNI.

Dalam pembacaan saran dan pendapat hukumnya, Mayor Sus R. Agus A. Sofyan sebagai Perwira Hukum membacakan kronologi permasalahan yang dialami pelanggar sejak akhir tahun 2012 sekaligus memberikan saran dan pendapat hukum kepada Hakim Disiplin, sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku. Menurut Perwira Hukum, bentuk pelanggaran yang dilakukan pelanggar hukum adalah selama beberapa bulan tidak melaporkan ke dinas terhadap status pernikahannya yang sudah digugat cerai istrinya dan ingin mengajukan ijin pernikahan baru ke dinas dengan pasangan yang lain. Akibatnya istri dan anak yang lama masih menerima tunjangan dari dinas yang seharusnya sudah diputus selama beberapa bulan sebelumnya.

Baca juga:  PANGKOSEKHANUDNAS IV MENGHADIRI PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL TAHUN 2012 DI BIAK

Sementara itu, Hakim Disiplin Marsekal Muda TNI Sudipo Handoyo, S.E. dalam arahan dan nasehatnya menyampaikan sebagai anggota TNI dalam pelaksanaan tugasnya diikat oleh berbagai norma, etika, aturan dan hukum-hukum positif yang berlaku. Hal ini diberlakukan karena tugas dan tanggung jawab setiap personel TNI menuntut untuk senantiasa ditegakkannya disiplin dan aturan yang merupakan nafas utama dalam kehidupan militer. Dengan tegaknya disiplin dan aturan setiap tugas akan terlaksana dengan baik.

Berkaitan dengan pelanggaran yang dilakukan pelanggar hukum tersebut, Hakim Disiplin memutuskan beberapa sangsi seperti penahanan berat, penundaan melaksanakan pendidikan pengembangan umum sebanyak tiga gelombang dan kenaikan pangkat ditunda tiga periode. Diperintahkan kepada Perwira terkait di Seskoau untuk menyosialisasikan berbagai aturan dan hukum di lingkungan Prajurit dan PNS TNI kepada seluruh personel Seskoau agar mengerti, memahami dan tidak melakukan pelanggaran.

Sidang Disiplin di Seskoau diikuti oleh pejabat struktural Seskoau, para Direktur dan Kepala Departemen Seskoau juga personel Seskoau yang berpangkat Sersan Mayor ke atas. Pengelaran sidang merupakan salah bentuk komitmen kuat Komandan Seskoau saat ini untuk menegakkan disiplin sesuai ketentuan sehingga Seskoau sebagai lembaga pendidikan dapat dibanggakan.

Baca juga:  Pemberangkatan Latihan Bhuwana Paksa Taruna Tingkat III W-2016

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel