Berita

SIMAK BMN DI LANUD ABD SALEH

Dibaca: 8 Oleh 21 Agu 2013Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Simak BMN merupakan sistem informasi manajemen dan akutansi barang milik negara, dimana sistem ini diterapkan untuk inventarisasi dengan menggunakan peralatan komputer terhadap seluruh barang yang menjadi inventaris dinas, demikian penjelasan Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Gutomo, S. IP dalam sambutannya pada pembukaan sosialisasi dan pelatihan aplikasi simak BMN bertempat di Gedung Binayudha Lanud Abd Saleh yang diikuti oleh pengawak SIMAK BMN yang berdinas di Lanud Abd Saleh dan Insub, Lanud Iswahyudi, Lanud Surabaya dan Pusdik Hanudnas, Selasa (20/8).

Sosialisasi dan Pelatihan SIMAK BMN Kemkeu (Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara Kementerian Keuangan), yang diselenggarakan oleh Staf Logistik TNI AU ini bertujuan melatih para pengawak SIMAK BMN untuk mendapatkan pengetahuan tentang simak BMN, dengan harapan setelah mendapatkan pengetahuan tentang simak BMN ini nantinya dapat diterapkan atau dilaksanakan di satuannya masing-masing.

Komandan Lanud Abd lebih lanjut menjelaskan, simak BMN yang telah diterapkan di jajaran TNI AU selama ini masih menimbulkan berbagai permasalahan, karena sistem yang diterapkan tidak sesuai dengan sistem inventarisasi pada umumnya, untuk itu pada kesempatan ini akan dicoba menggunakan simak BMN sebagaimana yang diterapkan di kementrian keuangan. Diharapkan sistem ini dapat memenuhi tuntutan inventarisasi yang benar dan para peserta agar memperhatikan dengan sungguh-sungguh, agar permasalahan yang timbul selama ini dapat ditemukan solusinya.

Baca juga:  Waspadai Setiap Perkembangan Situasi Yang Terjadi

Ketua Tim sosialisasi dan pelatihan Simak BMN Kemenkeu Kolonel Lek Andika mewakili Aslog Kasau menjelaskan bahwa Simak BMN merupakan subsisten dari Sistem Akutansi Instansi (SAI) yang diselenggarakan dengan tujuan untuk menghasilkan laporan manajerial serta informasi yang diperlukan sebagai sarana pertanggung jawaban atas pelaksanaan APBN.

Mengingat pentingnya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan para peserta benar-benar memperhatikan dan mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Pupuk terus motivasi, dedikasi, inovasi dan tetapkan tekad hari ini harus lebih baik dari kemaren dan lusa harus lebih baik dari hari ini, karena kedepan tugas dan tanggung jawab yang lebih berat sudah menunggu kita, harap Aslog Kasau.

Kegiatan Sosialisasi tersebut rencananya berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 20 s.d. 23 Agustus 2013, yang diikuti peserta sebanyak 68 orang terdiri dari anggota dari Lanud Abd Saleh beserta Insub, Lanud Aswahyudi, Lanud Surabaya dan Pusdik Hanudnas yang menangani masalah Simak BMN di satuan masing-masing jajaran.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel