Berita

Simulasi Diseminasi Peringatan Gempa dan Tsunami di Lanud Ngurah Rai

Dibaca: 6 Oleh 27 Jun 2016Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Guna meningkatan serta menguji keterampilan, kesiapan dan kesiagaan dalam menjalankan SOP Diseminasi Peringatan Dini Tsunami , personel Lanud Ngurah Rai mengikuti simulasi Diseminasi Informasi Peringatan Tsunami yang di selenggarakan oleh Pengendalian Operasi Penangulangan Bencana (PUSDALOP PB) BPBD Provinsi Bali pada Minggu (26/6).

Pada simulasi tersebut, Pusdalop PB BPBD Bali menyebarkan informasi pada masyarakat bahwa telah terjadi gempa bumi yang berpotensi Tsunami dan berstatus siaga. Dengan parameter sementara, terjadi pada pukul 09.54 Wita, Sabtu, 26 Juni 2016, dengan Magnitudo atau kekuatan gempa 8,8 SR, yang berada di garis lintang 10.11 LS garis bujur 113.85Bt, kedalaman 210 km.

Sebelum informasi di atas tersebar kepada masyarakat, Posko Pusdalops PB BPDB Bali terlebih dahulu mengirim peringatan dini kepada BPDB kabupaten/kota, serta langsung berkoordinasi dengan seluruh jajaran yang terkait agar selanjutnya membantu penyebaran informasi tersebut hinga ke jajaran terbawah. Selain itu, juga melibatkan pihak media, seperti radio, televisi dan media online guna ikut serta menyebarkan informasi peringatan tersebut agar semakin luas diketahui masyarakat, bahwa telah terjadi gempa yang berpotensi Tsunami.

Baca juga:  RAT Indikatornya Sehatnya Primkopau I Lanud Surabaya

Dalam simulasi ini personel Lanud Ngurah Rai yang bertugas jaga pada hari itu setelah mendapat informasi dari PUSDALOP BPBD Provinsi Bali melalui Email maupun telepone dan facimile segara melaporkan peringatan dini kepada Danlanud yang selanjutnya dapat di informasikan kepada warga Lanud Ngurah Rai akan terjadinya Tsunami.

Komandan Lanud Ngurah Rai Kolonel Pnb Danet Hendriyanto, S.Sos., menyambut baik dengan dilaksanakannya simulasi Diseminasi Peringatan Dini Tsunami. Danlanud juga berharap simulasi ini dapat meningkatkan keterampilan personel Lanud Ngurah Rai dari para petugas dan peralatan dalam kesiapan dan kesiagaan saat menghadapi gempa, ujar Danlanud.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel