Berita

SIMULASI “FORCE DOWN” di LANUD BALIKPAPAN

Dibaca: 18 Oleh 22 Mei 2010Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Dalam rangka meningkatkan kesiapan operasi, Lanud Balikpapan sebagai salah satu Lanud Operasi melaksanakan kegiatan latihan simulasi Force Down. Kegiatan dipimpin langsung kepala dinas operasi Kapten Lek Putu dan disaksikan langsung oleh Danlanud Ltk Pnb Arif Widianto, yang berlangsung di apron base ops Lanud BPP, (22/4).

 

Dalam latihan tersebut melibatkan 35 personel yg terdiri dari personel staf operasi, POM, Pam, Rumkit dan Paskhas. Dengan skenario Lanud Balikpapan menerima Lasa “X” atau pesawat asing yg di Force down oleh pesawat Tempur kita yg sedang melaksanakan patroli perbatasan, karena telah melanggar batas territorial NKRI dan sebelumnya telah dilaksanakan prosedur pengusiran oleh pesawat tempur kita namun masih tetap melanggar.

 

Akhirnya Lasa “X” dipaksa mendarat di Lanud BPP. Sebagai Lanud operasi, dan berdasarkan Protap penerimaan Force down, maka Lanud Balikpapan melaksanakan prosedur penerimaan pesawat tersebut dengan diawali dari pengawalan pesawat asing setelah mendarat menuju parkir di Baseops, pemaksaan keluar pesawat, dan interogasi terhadap crew pesawat asing tsb.

Baca juga:  Primkopau Lanud RHF Gelar Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2019/2020

 

Selesai pelakasanaan latihan, dilaksanaan evaluasi. Dalam kesempatan tersebut Komandan Lanud mengharapkan bahwa dengan Latihan ini minimal personel Lanud Balikpapan bisa me “Refresh” kembali pengetahuan dan peran masing-masing staf dalam pelaksanaan penerimaan psw asing yg di Force Down sesuai Protap yang ada, sehingga dalam situasi apapun Lanud Balikpapan siap melaksanakan kegiatan tersebut secara Riil dengan profesional.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel