Berita

SIMULASI KECELAKAAN PESAWAT DI LANUD ABDULRACHMAN SALEH

Dibaca: 6 Oleh 22 Mei 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Kesigapan anggota Lanud Abd Saleh dalam menangani kecelakaan pesawat yang terjadi di Lanud Abd Saleh kemarin (19/4) sangat cepat dan tepat. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana cara mereka menangani kecelakaan pesawat tersebut. Berawal dari kecelakaan dua pesawat milik TNI AU yang mendarat darurat di lapangan Wing 2 Lanud Abd Saleh serta satu pesawat mendarat di perairan sekitar pulau Kangean Madura.

 

Tiga pesawat yang mendarat darurat adalah pesawat Cassa C-212, Hercules C-130 dan OV-10 Bronco. Pesawat Bronco mendarat darurat di luar landasan pacu dan pilot berhasil diselamatkan. Sementara amunisi yang diangkut juga bisa diselamatkan. Berikutnya pesawat Casa yang mengangkut 25 prajurit, juga terpaksa mendarat darurat karena sebelum masuk landasan pacu mendadak mesinnya mati dan terakhir pesawat Hercules C-130 yang mendarat disekitar perairan laut jawa, dekat pulau Kangean, Madura. Dalam kecelakaan pesawat tersebut semua penumpang selamat.

 

Demikian simulasi rangkaian latihan survival dasar “Bima Sakti XXX” yang setiap tahun rutin di laksanakan. Dalam latihan tersebut diperagakan bagaimana seorang prajurit mampu menyelamatkan diri dari kecelakaan pesawat.

Baca juga:  DANLANUD HUSEIN S. DAMPINGI KAPOLDA JABAR MELEPAS PERSONEL BRIMOB KE PAPUA

 

Latihan dilaksanakan selama lima hari di laksanakan di Lanud Abd Saleh selama 2 hari yang mempelajari teori di kelas dan tiga hari dilapangan bertempat di Bendungan Selorejo Ngantang Malang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel