Berita

Simulasi Penanggulangan Bahaya Kebakaran

Simulasi
#TNIAU 
Kebakaran di Kantor Pentak Kosekhanudnas II

Simulasi Penanggulangan Bahaya Kebakaran

TNI AU. Terjadi kebakaran di Makosekhanudnas II tepatnya di belakang gedung Pentak Kosekhanudnas II. Kejadian tersebut sontak membuat seluruh personel Kosekhanudnas II terkejut.   Petugas Jaga langsung membunyikan lonceng tanda terjadinya kebakaran dan mengumumkan melalui pengeras suara yang disambut oleh para pejabat pemegang HT untuk segera bertindak mengamankan dokumen dan melaksanakan pemadaman api. Beberapa personel dengan sigap langsung mengambil peralatan Alpeka yang sudah tersedia menuju lokasi kebakaran, sementara yang lainnya berkumpul di titik kumpul 1 (lapangan apel) untuk konsolidasi.  Dengan seluruh kemampuan dan peralatan yang ada, akhirnya api dapat dipadamkan.   Kebakaran tersebut mengakibatkan beberapa peralatan kantor rusak dan satu orang anggota menderita luka bakar. Korban langsung ditangani oleh Petugas Kesehatan Kosekhanudnas II dengan memberikan pertolongan pertama untuk selanjutnya dirujuk ke Rumah Sakit terdekat. Staf Provos dan Intel Pam Kosekhanudnas II segera mengamankan TKP untuk mengidentifikasi dengan memasang Police Line. Kejadian tersebut merupakan rangkaian kegiatan simulasi dan pelatihan pemadaman kebakaran. Kamis (8/8/2019).

Kegiatan ini dimulai dengan materi penjelasan yang disampaikan oleh Asops Kosekhanudnas II Letkol Pnb Sugeng Budiono yang di wakilkan oleh Pabandya Lambangja Letkol Sus Asep Tatang. Para anggota sebelumnnya diberikan materi penanggulangan pencegahan bahaya kebakaran. Penyebab terjadinya kebakaran adalah kurangnya kesadaran tiap individu dalam mencegah terjadinya kebakaran. Faktornya adalah membuang puntung rokok sembarangan, pembakaran sampah sembarangan, konsleting listrik yang disebabkan pemakain beban berlebihan dan dapat memicu terjadinya kebakaran.

Kebakaran di Kantor Pentak Kosekhanudnas II

Simulasi Penanggulangan Bahaya Kebakaran

Simulasi yang dilakukan di Kosekhanudnas II merupakan simulasi penanggulangan bahaya kebakaran dengan menggunakan Alpeka yang tersedia, seperti karung goni, pasir, air dan tabung Alpeka. Kegiatan yang berlangsung selama 45 menit ini juga merupakan bentuk dari uji Protap Kosekhanudnas II tentang Penanggulangan Bahaya Kebakaran yang merupakan salah satu program kerja bidang Lambangja di bawah Asisten Operasi. “Hal ini penting untuk dilaksanakan mengingat bahaya kebakaran yang mengancam setiap waktu. Diharapkan dengan kegiatan tersebut, setiap personel Kosekhanudnas II memiliki kesadaran yang tinggi tentang bahaya kebakaran dan kemampuan dalam menanganinya.” Tegas Asops.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel