Berita

Simulasi Pengamanan Pilkada Kalimantan Selatan “Mantap Praja Intan 2015”

Dibaca: 6 Oleh 24 Agu 2015Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Polda Kalimantan Selatan gelar pelatihan pra operasi kepolisian kewilayahan ” Mantap Praja Intan 2015 ” guna mengamankan Pilkada Serentak di Kalimantan Selatan, bertempat di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru. Jumat (21/8). Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Erwin Sugiandi beserta satu SST pasukan dari Lanud Sjamsudin Noor turut hadir di lapangan Murjani untuk mengikuti acara simulasi pengamanan Pilkada tahun 2015 tersebut.

Operasi Mantap Praja Intan 2015 merupakan operasi khusus seluruh unsur pengamanan Kalimantan Selatan dalam pengamanan Pilkada Serentak yang digelar didaerah Kalsel pada 9 Desember 2015 mendatang. Untuk mematangkan persiapan pengamanan tersebut, Polda Kalsel menggelar latihan yang mereka sebut Pra Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi Operasi Mantap Praja Intan 2015.

Pada gelar latihan tersebut ratusan personil kepolisian, TNI, Pol PP, dan Satpam dari berbagai satuan dikerahkan berlatih mengantisipasi ancaman keamanan yang dapat mengganggu seluruh tahapan Pilkada Serentak, mulai dari tahapan kampanye, pemasangan atribut kampanye, pengamaan logistik pemilu, pemungutan suara, penghitungan suara, pengamanan calon kepala daerah, Kantor KPU, Bawaslu dan gangguan Kamtibmas lainnya. Sebelumnya, acara dimulai dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Kapolda Kalimantan Selatan Brigjend Pol Agung Budi Maryoto dengan peserta upacara gabungan dari satuan TNI/Polri wilayah kota Banjarmasin dan Banjarbaru.

Baca juga:  Satpom Lanud Dhomber Gelar Anjangsana Ke Rumah Purnawirawan Dan Warakauri

Simulasi dilakukan dengan skenario seperti kejadian pengamanan dan penyelesaian masalah saat perhitungan di TPS, pengamanan dan pengawalan kotak suara dari TPS ke KPU hingga skenario pembubaran massa pengunjuk rasa yang anarkis saat menyampaikan orasi didepan kantor KPU Kalsel. Pada latihan ini juga diperlihatkan aksi pengamanan yang dilakukan pihak kepolisian,mulai dengan tindakan persuasif hingga tindakan refresif, agar Pilkada dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Pada Latihan Operasi Mantap Praja Intan 2015 terdengar bunyi tembakan dan bom menghiasi latihan agar mirip dengan kondisi yang mungkin akan pihak kepolisian hadapi pada pengamanan pilkada serentak. Secara umum latihan yang digelar tersebut dapat berjalan dengan lancar. Sejumlah masyarakat di kota Banjarbaru pun turut menyaksikan latihan yang cukup banyak menguras waktu dan biaya tersebut.

Simulasi tersebut juga dilakukan sebagai persiapan pengamanan pilkada dengan tujuan agar para anggota dilapangan mempunyai bekal bagaimana menghadapi situasi sebenarnya apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan dengan harapan agar pelaksanaan pilkada 9 Desember nanti berjalan aman dan lancar serta Polri dibackup TNI dan Linmas siap mengamankan Pilkada 2015. “Kita minta masyarakat Kalsel untuk bersama-sama menciptakan situasi aman dan tertib agar Pilkada damai yang didambakan dapat terwujud di Banua yang kita cintai ini,” pungkas Kapolda Kalsel.

Baca juga:  Pusdiklat Paskhas Buka Kursus Tembak Mahir Senapan Runduk A-5

Turut hadir pada acara simulasi tersebut Kabinda Kalsel Brigjen TNI Rahmat Pribadi, Pj. Walikota Banjarbaru Martinus, Ketua DPRD Kota Banjarbaru H. AR. Iwansyah, Pejabat Lanal Banjarmasin serta diikuti oleh para pejabat jajaran TNI/Polri Kalsel, para unsur FKPD Kalsel dan para unsur KPU maupun Bawaslu Kalsel serta para undangan lainnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel