Berita

Simulasi Upacara Pemakaman Militer Di Wingdikum

Dibaca: 1277 Oleh 29 Okt 2014Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Pada dasarnya terdapat dua macam upacara pemakaman, yaitu upacara pemakaman secara militer dan upacara pemakaman biasa. Upacara pemakaman secara militer merupakan upacara pemakaman jenazah anggota atau purnawirawan TNI dan personel lainnya yang dinyatakan sebagai pahlawan, gugur, tewas, meninggal dunia berjasa, meninggal dunia biasa atau pemiliki tanda kehormatan RI berupa bintang. Sedangkan upacara pemakaman biasa merupakan bentuk penyelenggaraan pemakaman bagi jenazah anggota atau purnawirawan TNI tidak dengan upacara militer.

Demikian jelas Serma Sali anggota Kipan C 467 Pakhasau saat memberikan penjelasan tentang upacara pemakaman militer dalam kegiatan minggu militer hari ketiga di Shelter Wingdikum, Bogor. Rabu (29/10). Kasibinjas Wingdikum Mayor Kes Adi Kusman juga menjelaskan bahwa sebelum tahapan upacara pemakaman militer didahului dengan upacara pengataran dan penyambutan jenazah dan upacara persemayaman jenazah.

“Penting untuk diketahui bersama bahwa rangkaian upacara seperti ini akan selalu ada, sehingga kita bekali diri pribadi baik secara teori maupun praktek di lapangan agar kita dapat selalu siaga senantiasa seandainya ada kegiatan seperti ini,” ujar Kasibintal Wingdikum Mayor Sus Zulhalifah.

Baca juga:  KOMPI D BS PASKHAS DONOR DARAH

Kegiatan ini diawali dengan penjelasan secara teori dari Serka Sali dan Serka Gatot dan dilanjutkan simulasi rangkaian upacara dari upacara pengantaran atau penyambutan jenazah hingga upacara pemakaman militer oleh Kasibinjas Wingdikum.

Seluruh peserta minggu militer antusias mengikuti tahap demi tahap rangkaian upacara. Disimulasikan bahwa rumah duka terletak di lobby Markas Wingdikum dan tempat pemakaman umum berada di lapangan apel. Peserta diberikan tugas masing-masing sebagai perwira upacara, inspektur upacara, komandan upacara, pembawa acara, pengusung jenazah, pembawa foto, pembawa karangan bunga, pelayat, pasukan upacara dan pasukan salvo.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel