Berita

Simulati Latihan Anti Teror Korpaskhas Dengan BNPT

Dibaca: 6 Oleh 25 Apr 2015Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Korps Pasukan Khas kembali mendapat kepercayaan untuk terlibat pada latihan penanggulangan terorisme yang digelar oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT); dalam Latihan bersama Aparat Penegak Hukum Dalam Bidang Deteksi dan Investigasi Kondisi Krisis Akibat Serangan Terorisme dengan sandi Gulkonsis V, dipusatkan di Pusdik Brimob, Watukosek, Pasuruan, Jatim, baru-baru ini.

Sebanyak 250 personel dilibatkan dalam kegiatan ini dengan melibatkan berbagai unsur atara lain Densus 88 Polda Jatim, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Kemenkumham, Lapas, Imigrasi, Bea dan Cukai, Yonif 500 Raider, Yon Taifib, Sat Kopaska, Kodam V Brawijaya dan Korpaskhas yang diwakili Batalyon Komando 464 Paskhas yang dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon Komando 464 Paskhas Letnan Kolonel Psk Dicky Lukman.

Menurut  Kepala BNPT dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Deputi II Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT, Irjen Pol Drs. Arief Dharmawan, S.H. M.M., mengatakan bahwa ancaman terorisme kembali menghantui Indonesia, dengan adanya aliran kelompok ISIS (Islamic State of Iraq and Syria). Saat ini dukungan terhadap kelompok tersebut kian masif di tanah air.

Baca juga:  Kasau Terima Kunjungan Indonesia Aviation dan Aerospace Watch

Lebih lanjut Kepala BNPT menambahkan bahwa ISIS bukanlah agama, namun merupakan sebuah ideologi yang berkedok agama untuk menarik simpati umat manusia, dan ISIS telah menjadi ancaman bersifat luar biasa bagi kelangsungan hidupberbangsa dan bernegara, sehingga sangat diperlukan kewaspadaan yang tinggi. Untuk itu latihan gabungan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan aparat penegak hukum dalam menangani kasus terorisme.

Pelatihan dilaksanakan tanggal 21 s/d 29 April 2015 dengan dua tahap yakni bina kelas yang dilaksanakan di Mapusdik Brimob Watukosek Pasuruan dan dan geladi lapang dengan mengambil lokasi di Hotel Assiri Kab. Sidoarjo, Jatim.

Sedianya simulasi latihan anti teror tersebut akan dijadikan standar resmi dalam penanggulangan terorisme di Indonesia.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel