Berita

SIMULATOR PESAWAT HAWK 100/200 LANUD PEKANBARU MELEDAK

Dibaca: 37 Oleh 28 Jun 2011Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Simulator pesawat Hawk 100/200 Lanud pekanbaru yang merupakan fasilitas pendukung dalam mendidik dan melatih para penerbang Skadron Udara 12 secara tiba-tiba meledak, mengakibatkan gedung dan fasilitas Simulator langsung terbakar, selain mengakibatkan kebakaran gedung dan menghancurkan fasilitas Simulator, ledakan tersebut juga mengakibatkan beberapa personel yang sedang melaksanakan tugas pada saat itu mengalami luka-luka yang cukup serius, Senin (27/6).

Kejadian yang terjadi pada siang hari tersebut sontak mengejutkan seluruh personel Lanud Pekanbaru. Secara spontan satuan Pemadam Kebakaran berupa mobil PK langsung dikerahkan untuk memadamkan api agar kebakaran tersebut tidak sampai meluas, mengingat gedung Simulator tersebut berada sangat dekat dengan Mako Lanud Pekanbaru. Pada awal kejadian terdengar ledakan yang sangat keras sebanyak dua kali, sehingga dari perkiraan awal diprediksi ledakan yang terjadi disebabkan oleh dentuman bom dengan kekuatan yang cukup tinggi. Seluruh personel Lanud Pekanbaru langsung berlarian kelokasi kejadian, raungan sirine pemadam kebakaran dan sirine mobil Ambulance Rumkit Lanud Pekanbaru membuat suasana siang tersebut tambah mencekam. Satuan-satuan yang terkait langsung melaksanakan tugasnya masing-masing, satuan Pemadam Kebakaran dengan cepat memadamkan api agar kebakaran tidak sampai meluas, sedangkan Satuan Polisi Militer langsung mengisolir lokasi kejadian dan melaksankan pengamanan dan penyelidikan bersama dengan satuan Intelijen dan Pengaman, sedangkan Rumkit langsung melaksanakan evakuasi para korban yang banyak tergeletak disekitar lokasi kebakaran.

Baca juga:  Turnamen Sepakbola Danlanud Had Cup 2017 Di Kab Bengkayang

Selain kerugian materiil berupa hancurnya Simulator pesawat, terdapat kerugian beberapa personel yang mengalami luka bakar serius, kebakaran gedung Simulator sudah dapat teratasi sedangkan personel-personel yang mengalami luka bakar yang cukup parah sedang ditangani oleh personel Rumah Sakit Lanud Pekanbaru. Keberhasilan situasi darurat di Lanud Pekanbaru tersebut tidak terlepas dari system koordinasi yang baik antar satuan-satuan yang ada di jajaran Lanud Pekanbaru.

Kejadian tersebut diatas merupakan salah satu rangkaian latihan Bido Gesit 2011 Lanud Pekanbaru, dimana latihan ini bertujuan untuk menguji sampai dimana kesiapan dan kemampuan seluruh satuan-satuan jajaran Lanud Pekanbaru dalam menghadapi bahaya kebakaran. Sedangkan pada sesi latihan lainnya berupa operasi udara dan dukungan operasi udara. Latihan yang direncanakan selama tiga hari tersebut melibatkan seluruh jajaran yang ada di Lanud Pekanbaru.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel