Berita

Sinergitas Yang Baik Antara Lanud Sjamsudin Noor dan BPN Kab. Tanah Laut 645,5 Hektar Asset Tanah AWR Dwi Harmono Maluka Baulin Berhasil Disertifikatkan Tanpa Biaya

Dibaca: 30 Oleh 18 Jun 2020Tidak ada komentar
Sinergitas Yang Baik Antara Lanud Sjamsudin Noor dan BPN Kab. Tanah Laut 645,5 Hektar Asset Tanah AWR Dwi Harmono Maluka Baulin Berhasil Disertifikatkan Tanpa Biaya
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj, S.Sos., kembali mensertifikatkan asset tanah milik TNI AU. Sertifikat tanah tersebut langsung diserahkan secara simbolis oleh Kabid Pengadaan Tanah Kanwil Pertanahan Prov. Kalsel Diyah Sulistiyati didampingi Kepala BPN Tanah Laut Syamsu Wijaya kepada Komandan Lanud SAM, bertempat di AWR Dwi Harmono Maluka Baulin, Kec. Kurau, Kab. Tanah Laut. Rabu, (17/6).

Penyerahan sertifikat tanah milik TNI AU tersebut terjadi melalui Program PTSL (Pendaftaran Tanah  Sistematis Lengkap) yang merupakan program dari menteri keuangan melalui DJKN bekerjasama dengan BPN dengan bebas biaya. Percepatan pensertifikatan memakan waktu sekitar 3,5 bulan dengan adanya koordinasi dan sinergitas antara BPN Kab. Tanah Laut dan Lanud SAM.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Lanud SAM menyampaikan apresiasi dan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada BPN Tanah Laut dan jajarannya atas penyelengaraan dan penyerahan sertifikat tanah yang di berikan kepada Lanud SAM seluas 6.455.000 M² (645,5 Ha) dengan dasar Nomor : 83/HP/BPN-17.08/2020 Tanggal 29 April 2020. Dengan diterimanya sertifikat ini akan menjadikan bukti penguasaan administrasi dan fisik yang sah dalam penggunaan asset tanah tersebut. Dengan adanya kerjasama yang baik, sertifikat ini akan mampu menjawab permasalahan dan tantangan serta dapat menjaga asset TNI AU, yang dulunya sebagian tanah Lanud SAM belumlah  disertifikatkan, sehingga diharapkan nantinya tidak ada lagi pihak-pihak dengan kepentingan tertentu berniat menyerobot atau memiliki tanah tersebut serta harus dikawal dan dijaga dengan baik.

Kepala BPN Tanah Laut dan Kabid Pengadaan Tanah Kanwil Pertanahan Prov. Kalsel, juga menyampaikan ucapan terimakasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Komandan Lanud SAM beserta staf atas kerjasama yang sangat baik yang terjalin antara Lanud SAM dan BPN Kab. Tanah Laut. Pihak BPN mendorong agar sisa lahan AWR yang belum di sertifikat seluas 3.505.000 M² (350,5 Ha) segera ditindak lanjuti untuk proses sertifikasi selanjutnya. Sebagai langkah awal untuk segera melaksanakan pengukuran sisa lahan dan pendaftaran sesuai Peta Bidang yang resmi dari BPN. Hasil koordinasi dengan BPN, pihak BPN akan menindak lanjuti dengan menerbitkan Nomor Induk Sementara sambil menunggu proses clear and clean sisa lahan tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk tindakan preventif, apabila ada pihak lain yang melakukan claim dan mencoba mendaftarkan untuk proses sertifikasi.

Hadir pada kegiatan tersebut dalam rangka menyaksikan penyerahan sertifikat tanah TNI AU tersebut, Ketua PIA AG Cab.11/D.II Lanud SAM Ny. Yumi Rosalinda Taufiq Arasj beserta para pengurus, para Kadis Lanud SAM, para staf BPN Tanah Laut dan para personil Lanud SAM. Usai penyerahan sertifikat, dilanjutkan penyerahan cinderamata serta diakhiri foto bersama.

 

Baca juga:  TNI Membutuhkan Sarjana Kesehatan

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel