TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Sinergitas TNI/Polri dan Pemerintah Modal Pembangunan Menuju Aceh Hebat

By 11 Jan 2019 Berita
bersalaman

TNI AU.  “Semangat kekeluargaan, kebersamaan, soliditas dan sinergitas TNI/Polri dan Pemerintahan Aceh yang terbangun selama menjabat sebagai Danlanud Sultan Iskandar Muda sangat erat dan kuat dalam menjawab setiap tantangan yang ada untuk menjaga keamanan dan mewujudkan Aceh Hebat,” kata Kolonel Nav Indrastanto Setiawan, S.Sos., dalam acara pisah sambut Danlanud Sultan Iskandar Muda di Shelter Galaxy Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Kamis (10/1).

Sinergitas TNI/Polri dan Pemerintah Aceh menjadi modal pembangunan yang sangat kuat untuk menjawab tantangan kedepan yang berkaitan dengan pengamanan wilayah udara dan dukungan operasi-operasi penerbangan. Sejauh ini, lanjutnya, pemerintah Aceh telah mendukung renovasi shelter dan pelebaran apron shelter Lanud Sultan Iskandar Muda yang menjadikan TNI Angkatan Udara dalam hal ini Lanud Sultan Iskandar Muda lebih siap dan maksimal dalam memberikan dukungan operasi, khususnya operasi pesawat tempur dalam menjaga wilayah udara khususnya di Aceh. Ke depan, katanya, TNI akan terus menguatkan alutsista dan dengan bantuan pemerintah Aceh, makan Lanud Sultan Iskandar Muda semakin siap menjadi Lanud tipe A.

Kinerja Kolonel Nav Indrastanto Setiawan, S.Sos., selama kurang lebih satu tahun menjabat Komandan menurut Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah, telah banyak berbuat dan membantu Pemerintah dan masyarakat Aceh, terutama dalam menjaga, mengawal keamanan dirgantara dan ketentraman wilayah serta merawat perdamaian. Hal ini dapat dilihat dari kesuksesan berbagai kegiatan kunjungan VIP dan VVIP baik yang melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda maupun Lanud Sultan Iskandar Muda, termasuk juga mendukung kelancaran berbagai event bertaraf internasional, salah satunya Torch Relay Asian Games 2018.

kenangan_dari_plt_gubernur

Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah memberikan cinderamata kepada Kolonel Nav Indrastanto Setiawan, S.Sos.

Dengan demikian, sinergitas yang terjalin selama ini membangun nuansa damai, harmonis seirama dengan bergulirnya waktu, dan mampu membentuk masyarakat Aceh dalam nuansa keacehan yang unik dilandasi semangat kebhinekaan. Kesemuanya itu, selain untuk pengamanan wilayah batas NKRI, juga terkandung maksud memperkenalkan potensi kedirgantaraan di samping sebagai upaya mendekatkan TNI Angkatan Udara kepada masyarakat, karena motto “Bersama Rakyat TNI Kuat,” merupakan komitmen TNI untuk turut membangun Indonesia. Untuk itu semua kita mendukung dan memberi apresiasi. Seperti infrastruktur yang terbangun, katanya, renovasi shelter dan perluasan apron sebagai bukti kolaboratif Pemerintah Aceh dengan Lanud Sultan Iskandar Muda dalam mendukung berbagai operasi-operasi penerbangan dan menjaga keamanan wilayah udara.

“Tidak menutup kemungkinan jika ke depannya telah dilaksanakan peningkatan tipe Lanud menjadi tipe A, maka shelter ini dapat langsung dipergunakan sebagai home base pesawat TNI Angkatan Udara, karena kita ketahui bersama wilayah udara Aceh bersebelahan langsung dengan zona udara internasional yang sangat membutuhkan penjagaan dan pemantauan intensif di wilayah udara Aceh agar tidak ada yang berani mengusik kedaulatan negeri kita,” ujarnya.

Keberhasilan itu tentunya layak dicontoh dan diperkuat lagi di masa mendatang. Dengan koordinasi yang kuat, lanjutnya, Lanud Sultan Iskandar Muda di bawah kepemimpinan Kolonel Pnb Hendro Arief Herianto, S.Sos., tentunya akan siap menjalankan tugas dan tanggung jawab tersebut. Tidak kalah pentingnya, pesan saya, TNI AU juga sedapat mungkin harus terus lebih dekat dengan rakyat Aceh melalui berbagai kegiatan sosial yang dilaksanakannya.

Nova Iriansyah juga menyampaikan terima kasih kepada Kolonel Nav Indrastanto Setiawan, S.Sos., atas kerja sama, kekeluargaan dan kebersamaan yang telah terbentuk selama ini juga kepada Danlanud Sultan iskandar Muda yang baru Kolonel Pnb Hendro Arief Herianto, S.Sos., tentunya akan siap menjalankan serta melanjutkan tugas tanggung jawab tersebut.

kenangan_dari_danlanud_sim

Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief Herianto, S.Sos., memberikan cinderamata kepada Kolonel Nav Indrastanto Setiawan, S.Sos.

Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Hendro Arief Herianto, S.Sos., saat memperkenalkan diri dihadapan para tamu undangan. “Sudi kiranya Bapak/Ibu sekalian menerima kami sebagai bagian dari masyarakat Aceh,” ujarnya sambil tersenyum seraya bercerita dan bernostalgia saat tertugas dalam operasi kemanusiaan di Aceh pasca bencana tsunami. Menjabat sebagai Danlanud Sultan Iskandar Muda, menurutnya, sebuah tantangan besar dimana pejabat sebelumnya telah banyak menorehkan tinta emas di Bumi Serambi Mekah. Untuk itu, lanjutnya, mohon bimbingan, masukan, motivasi dan dukungan seluruh pihak agar mampu mempertahankan yang telah dirintis pejabat sebelumnya serta mampu meningkatkan kinerja, sumbangsih TNI Angkatan Udara, khususnya Lanud Sultan Iskandar Muda bagi masyarakat Aceh dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

Acara ini berlangsung meriah dan dihadiri Yang Mulia Paduka Wali Nanggroe Tengku Malik Mahmud Al Haytar, Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S. Djambak, Kakanhan Aceh Marsma TNI Rahman Rosta, Wakapolda Aceh Brigjen Pol Supriyanto Tarah, Ketua DPRA Sulaiman, Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, S.E., para pejabat di lingkungan TNI/Polri, Forkopimda Provinsi Aceh, para tokoh masyarakat, tokoh adat dan keluarga besar Lanud Sultan Iskandar Muda.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sinergitas TNI/Polri dan Pemerintah Modal Pembangunan Menuju Aceh Hebat