TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Sinergitas TNI-Polri di Wilayah Perbatasan

rsa2018

TNI AU. Pangkalan TNI Angkatan Udara Raden Sadjad (Lanud Rsa) telah berhasil menggagalkan upaya penyelundupan barang antik cagar budaya dan merupakan peninggalan sejarah.   Rencananya akan dikirim menuju Batam, Kepulauan Riau, dengan menggunakan pesawat terbang, Jum’at (23/03)

Komandan Lanud Raden Sadjad, Kolonel Pnb Azhar Aditama D, mengatakan, karena tidak dilengkapi surat keterangan dan berkas Administrasi, benda cagar budaya itu langsung diamankan.

“Barang -barang ini dikiimkan via kargo, saat melewati x ray baru kita ketahui. Barang ini dibungkus rapi dengan kedok pengembalian kiriman paket via JNE, tetapi sesuai undang – undang benda ini kita amankan,” jelas Danlanud.

Benda itu selanjutnya diserahterimakan kepada Polres Natuna untuk ditindak lanjuti. Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto saat menerima penyerahan barang bukti mengungkapkan pihaknya akan segera menindak lanjuti keberadaan benda cagar budaya itu.

“Pertama akan kita selidiki apakah ini benda asli atau tidak, oleh karena itu kita akan kirimkan samplenya kepada ahlinya di Jakarta. Bila terbukti bahwa ini benda cagar budaya maka akan kita proses sesuai hukum yang berlaku,” kata Kapolres.

Sejauh ini diduga oknum yang mengaku sebagai pemilik benda tersebut atas nama Tommy Pratama alias Ayung, memang belum ditahan, namun yang bersangkutan berada dalam pengawasan Kepolisian.

Bila terbukti bahwa benda yang diamankan tersebut adalah benda cagar budaya,makan Tommy Pratama akan dikenakan Undang – Undang Nomor 11 tahun 2010, mengenai benda cagar budaya, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara atau denda Rp.1,5 miliar.

Penyerahan benda cagar budaya dari TNI AU dilakukan dengan penandatanganan berita acara penyerahan dari Danlanud Raden Sadjad Kolonel Pnb Azhar Aditama D kepada Kapolres Natuna AKBP. Nugraha Dwi Karyanto dengan saksi Danlanal Ranai Letkol laut (P) Harry Setyawan, perwakilan Kodim Natuna dan Kepala Musium Sri Srindit.

“Kami yang berada di perbatasan dan jauh dari ibukota selalu bekerjasama dengan berbagai pihak dalam menjage keutuhan NKRI dalam bentuk apapun. Inilah salah satu wujud pelaksanaan Sinergitas TNI-POLRI yang telah dicanangkan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.” tutup Danlanud.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Sinergitas TNI-Polri di Wilayah Perbatasan