TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Sistem kelistrikan Learjet 75

By 14 Sep 2012Pustaka
IndonesianAF 1
Published on Monday, 10 September 2012


Bombardier Aerospace untuk pertama kalinya mengaktifkan sistem kelistrikan pada proyek pesawat terbaru mereka, Learjet 75 Jet. Kelistrikan pesawat serta Vision Flight Deck Bombardier yang baru telah diaktifkan di akhir Agustus lalu seiring pembangunan pesawat yang ditargetkan rampung  tahun 2013 mendatang.

“Ini adalah prestasi fantastis dari usaha luar biasa setiap orang yang terlibat dengan proyek ini,” kata Ralph Acs, Wakil Presiden dan General Manager, Learjet, Business Aircraft Bombardier. “Ini merupakan langkah maju yang signifikan bagi keluarga Learjet kami, karena kami sudah mampu memasukkan Learjet 75 ke salah satu bagian dari produksi Bombardier,” tambah Ralph.

Pesawat uji Learjet 70 dan Learjet 75 sedang terus dibangun. Akan ada 5 pesawat terbang uji, yaitu hasil modifikasi dari Learjet 40 XR dan hasil modifikasi Learjet 45 XR yang akan berfokus pada sertifikasi sistem avionik. Modifikasi dari Learjet 45 XR akan digunakan terutama untuk pengujian sistem manajemen kabin dan interior. Sedangkan sebuah Learjet 45 XR lainnya akan dimodifikasi untuk uji peningkatan performa. Setelah kelima pesawat tersebut selesai diuji, produksi pertama Learjet 75 baru akan berjalan.

Desain Vision Flight Deck Learjet 70 dan Learjet 75 merupakan penggabungan antara kemajuan teknologi dan nilai estetika yang tinggi. Dengan demikian, pilot pesawat ini akan mendapatkan tingkat kontrol dan kenyamanan yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Bombardier Vision Flight Deck untuk keduanya terintegrasi penuh dengan Garmin G5000 digital avionics suite yang dirancang dengan teknologi terdepan.

Desain interior Learjet 70 dan Learjet 75 sangat dipengaruhi oleh saudara terdekatnya, Learjet 85. Kedua pesawat ini memiliki kemampuan terbang lebih dari 2000 nm atau sekitar 3704 km dengan ketinggian jelajah maksimum 51000 kaki  atau 15.545 m. (ian)

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Sistem kelistrikan Learjet 75