Berita

Siswa Lakespra Laksanakan Flight Familirization

Dibaca: 118 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Sebanyak 39 orang yang terdiri Siswa Kursus Penerbangan (Susdokbang), Siswa Kursus Kesehatan Penerbangan (Suskesbang) dan Siswa Sekolah Perawat Udara (Suwatud) Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa (Lakespra) Saryanto, Jakarta, mengadakan Flight Familirization di Lanud Iswahjudi, Senin, (19/10).

 

Menurut ketua rombongan Kolonel Kes dr. Totok Sukamto, selama dua hari akan berada di Lanud Iswahjudi (19-20/10) dalam rangka melaksanakan Flight Familirization yang merupakan kurikulum praktek Susdokbang, Suskesbang dan Suwatud. Ke-39 siswa tersebut dibagi menjadi tiga kelompok, untuk melaksanakan terbang dengan F-16/Fighting Falcon , F-5/Tiger dan Hawk MK-53.

 

Flight Familirization ini bertujuan agar para siswa dapat secara langsung merasakan terbang dengan pesawat tempur, sehingga mengetahui efek dari penerbangan terhadap faal tubuh karena adanya pengaruh gaya garivitasi baik ”G” positif maupun negatif.

 

Kursus berlangsung selama empat bulan dengan materi pendidikan teori dan praktek. Flight Familirization merupakan salah satu praktek yang harus diikuti seluruh siswa untuk mendapatkan kualifikasi sebagai dokter penerbangan yang akan ditempatkan di sakdron-skadron udara. Kegiatan lain yang dilaksanakan antara PMU (Pengungsian Medik Udara), latihan SAR dan Survival.

Baca juga:  Komandan Lanud Sjamsudin Noor ; “Tetap Fokus Terhadap Tugas “

 

Dari ke-39 orang siswa tersebut sebelum melaksanakan Flight Familirization terlebih dahulu mendapatkan arahan tentang prosedur terbang back seat dari masing-masing Skadron, sementara sebanyak 39 siswa dua diantaranya dari Angkatan Darat, satu dari Angkatan Laut dan satu dari Departemen Perhubungan, selebihnya berasal dari TNI AU.

 

Sedangkan Lettu Kes dr. Widya salah seorang siswa Susdokbang dari TNI AU yang terbang dengan menggunakan pesawat Hawk MK-53 bersama Komandan Skadron Udara 15 Mayor Pnb Irwan Pramuda mengatakan, terbang dengan pesawat tempur merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel