Berita

Siswa Sekbang Angkatan 87 dan 88 Ikuti Survival Dasar

Dibaca: 13 Oleh 05 Des 2013Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Agus Munandar,SE melepas kontingen Latihan Survival Dasar siswa Sekolah Penerbang Angkatan ke-87 dan Sekolah Penerbang Angkatan Ke-88/PSDP Ke-28. Upacara pelepasan diikuti oleh segenap anggota Lanud Adisutjipto, di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Kamis ( 5/12).

Latihan diikuti 46 siswa Sekbang, dengan rincian 30 siswa Sekbang Angkatan-87, dan 16 siswa Sekbang Angkatan-88/PSDP. Sesuai jadwal, latihan akan dilaksanakan dari tanggal 8 Desember sampai dengan 11 Desember 2013 di Waduk Sempor Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Dan tanggal 5 sampai dengan 8 Desember 2013 menjelang pemberangkatan ke lokasi latihan akan dilaksanakan Prasurvival di JAZ, Skadik 104.

Komandan Skadron Pendidikan 104 Letkol Pnb F Situmorang,MMP, menjelaskan, ”Latihan Survival Dasar dimaksudkan untuk melatih para siswa Sekbang agar mampu menghadapi keadaan darurat yang sewaktu-waktu terjadi pada saat melaksanakan tugas penerbangan”.

Dalam Latihan Survival Dasar para siswa diasumsikan sedang melaksanakan tugas penerbangan di medan operasi. Namun pesawat yang diawaki ditembak musuh, yang mengharuskan melaksanakan pendaratan darurat di air/ditching (daerah musuh). Dalam pendaratan, seluruh awak pesawat selamat dan segera melaksanakan SERE (Survival, Evasion, Resistance and Escape), dalam melaksanakan SERE crew pesawat mendapat hadangan dari musuh, sehingga dalam pelariannya para crew akhirnya mendapat bantuan dari pasukan kawan.

Baca juga:  CERAMAH SAFARI BINTAL TERPADU DI LANUD BALIKPAPAN

Komandan Lanud dalam sambutannya berpesan kepada seluruh peserta latihan untuk selalu menjaga sikap disiplin dan kekompakan serta menjaga nama baik diri dan satuan karena akan bersinggungan dengan masyarakat umum, agar Latihan Survival Dasar dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan. 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel