Berita

Siswa Sekbang Angkatan 89 dan 90 serta Seknav 12, Ikuti Survival Dasar

Dibaca: 21 Oleh 27 Nov 2014Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Latihan Survival Dasar, diberikan kepada para siswa dengan maksud dan tujuan, untuk membekali para calon Air Crew tentang pengetahuan dan ketrampilan dasar yang berkaitan dengan kemampuan seorang Air Crew untuk   mampu mempertahankan hidup di darat maupun di air karena suatu accident  penerbangan.  Sebagai calon awak pesawat, latihan semacam ini merupakan kegiatan wajib dan sesuai dengan program pendidikan yang telah ditetapkan melalui kurikulum yang sudah baku. Oleh karena itu, kegiatan ini wajib diikuti oleh setiap siswa Sekolah Penerbang.

Demikian sebagian sambutan Komandan Lanud Adisutjipto, yang dibacakan oleh Komandan Wing Dik Terbang Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Ign Wahyu Anggono, SE pada Upacara pelepasan kontingen Latihan Pra Survival Dasar dan survival Siswa Sekolah Penerbang Angkatan ke-89, Sekolah Navigator Angkatan Ke-12 dan Sekolah Penerbang Angkatan ke-90/PSDP A-29 yang akan dilaksanakan di JAZ Aero Wisata, Waduk Sempor Gombong Kabupaten Kebumen Jawa Tengah serta Pangkalan TNI AU Wirasaba. Upacara pelepasan dilaksanakan secara militer di Lapangan Jupiter, Lanud Adisutjipto, Rabu (26/11)

Baca juga:  Palembang Koi Show Ke-3 Isi Rangkaian HUT TNI AU Ke-72

Komandan Skadron Pendidikan 104 Letkol Pnb Rizaldi Efranza, ST, menjelaskan, ”Latihan Survival Dasardimaksudkan untuk melatih para siswa Sekbang  agar mampu menghadapi keadaan darurat yang sewaktu-waktu terjadi pada saat melaksanakan tugas penerbangan”.

Dalam Latihan Survival Dasar  para siswa diasumsikan sedang melaksanakan tugas penerbangan di medan operasi. Namun pesawat yang diawaki ditembak musuh, yang mengharuskan melaksanakan pendaratan darurat di air/ditching (daerah musuh). Dalam pendaratan, seluruh awak pesawat selamat dan segera melaksanakan SERE (Survival, Evasion, Resistance and Escape), dalam melaksanakan SERE crew pesawat mendapat hadangan dari musuh, sehingga dalam pelariannya para crew akhirnya mendapat bantuan dari pasukan kawan

Latihan diikuti 85 siswa, dengan rincian  50 siswa Sekbang Angkatan-89, dan 12 siswa Sekolah Navigator Angkatan ke 12 dan 23 siswa Sekbang Angkatan-90/PSDP Angkatan ke 29.. Sesuai jadwal, latihan akan dilaksanakan dari tanggal 2 Desember sampai dengan 5 Desember 2014 di Waduk Sempor Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.  Dan beberapa hari  menjelang pemberangkatan ke lokasi latihan akan dilaksanakan Prasurvival di JAZ, Skadik 104.

Baca juga:  WINGDIKTEKKAL ADAKAN KURSUS KOMPUTER

Komandan Lanud dalam sambutannya berpesan kepada seluruh peserta latihan untuk selalu menjaga sikap disiplin dan kekompakan serta menjaga nama baik diri dan satuan karena akan bersinggungan dengan masyarakat umum, agar Latihan Survival Dasar dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan.

Tampak pada gambar: Komandan Wing Pendidikan Terbang Kolonel Pnb Ign Wahyu Anggono, SE mewakili Komandan Lanud Adisutjipto sedang memeriksa pasukan pada upacara pelepasan Kontingen Latihan Survival bagi siswa Penerbang Angkatan ke-89, Sekolah Navigator Angkatan Ke-12 dan Sekolah Penerbang Angkatan ke-90/PSDP A-29, di Lap. Jupiter Lanud Adi. 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel