Berita

Siswa Sekbang dibekali Latihan Survival

Dibaca: 6 Oleh 30 Nov 2012Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Menjadi seorang penerbang harus mempunyai kemampuan SERE (Survival, Evation, Rescue, dan Escape), karena pekerjaan seorang penerbang sangat beresiko dengan sasaran tembak musuh. Karena suatu ketika seorang penerbang tidak menutup kemampuan akan terjebak dalam pertempuran sehingga menyebabkan seorang penerbang wajib melakukan SERE.

Mulai kemarin hingga berita ini diturunkan masih berlangsung kegiatan Pra survival yang dilaksanakan di Agro (JAZ) jogja Aventure Zone, Jumat (30/11) sebagai tempat latihan pra survival yang sebenarnya yang akan berlangsung di daerah waduk Sempor kabupaten kebumen dan sekitarnya. “Kemarin materi yang telah diberikan antara lain, kompas siang, baca peta, kemampuan Life Vest, balik perahu, pembuatan para-para, dan praktek menangkap dan makan ular. Mulai pagi ini telah berlangsung materi, Penyeberangan kering, penyeberangan basah, turun tebing, peluncuran dan akan dilanjutkan kompas malam dan caraka”. Jelas Letnan Marwan sebagai ka tim kegiatan ini.

Komandan Skadron pendidikan 104 Mayor Pnb F. Situmorang, MMP dalam keterangannya menjelaskan “peserta Survival kali ini terdiri dari 46 peserta dengan perincian 30 dari Perwira lulusan AAU, 15 dari PSDP (Prajurit Sukarela Dinas pendek), 1 dari PT Dirgantara Indonesia. Dan yang membuat berbeda kami kali ini mendidik siswa dari PT DI yang kelak mereka akan menjadi cikal bakal penerbang sipil di PT DI namun sekarang dia kita didik bersama siswa sekbang ke 85 dan 86. Lebih lanjut beliau juga berharap nantinya latihan yang akan diberangkatkan di waduk sempor ini akan berjalan sesuai rencana. Kalau masalah cuaca itu adalah bagian dari tantangan alam, “tegasnya.

Latihan Survival dasar kali ini diberi sandi Elang Prayuda Paksa tahun 2012 yang digelar di Kabupaten Kebumen yaitu mengunakan Waduk Sempor sebagai areal air dan wilayah lanud Wirasaba sebagai teritorial udara. Latihan akan berlangsung dari tanggal 3-6 Nopember 2012. latihan Survival ini akan didukung dengan pesawat KT-1B, pesawat Cessa T-172 R, dibantu oleh satuan paskas, Perahu karet, signal smoke, signal roket, dan juga melibatkan pesawat heli sebagai free jump dan hoist survivor.

Komandan Wing Pendidikan Terbang Kolonel Pnb M. Khairil Lubis dan Wadan PSDP Letkol Pnb Affan serta didampingi oleh Komandan Skadik 104 Mayor F. Situmorang, MMP dan beberapa instruktur Sekbang menyempatkan diri mengunjungi latihan yang diiringi gerimis dan tiupan angin yang cukup kencang.

Baca juga:  Perayaan Hari Raya Idul Adha 1431 H di Lanud Palembang

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel