TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Siswa Sekolah Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin Siap Bersaing AMSO 2018

HND_9411

TNI AU. Sekolah Angkasa perwakilan Lanud Sultan Hasanuddin, Selasa (23/10) melaksanakan babak penyisihan Angkasa Mathematic and Science Olympiad (AMSO) 2018 di setiap Sekolah Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin.

Dalam sambutan Ketua Umum Yasarini Ibu Nanny Hadi Tjahjanto yang dibacakan Ketua Yasarini Pengurus Cabang Lanud Sultan Hasanuddin Ibu Yetha Bowo Budiarto saat pembukaan acara Angkasa Mathematic and Science Olympiad (AMSO) 2018 menyampaikan β€œYayasan Ardhya Garini (Yasarini) dalam meningkatkan mutu sekolah dan mempunyai standar yang sama bagi sekolah-sekolah Angkasa yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya dengan menyelenggarakan AMSO, tahun ini merupakanΒ  kegiatan AMSO yang ke dua,dimana pada tanggal 9 Oktober 2017 kegiatan AMSO yang pertama diselenggarakan.”

β€œOlimpiade mata pelajaran ini merupakan kegiatan yang menantang bagi setiap siswa Sekolah Angkasa karena membutuhkan penalaran dan pemahaman tingkat tinggi (High Order Thinking Skills) pada daya pikir siswa. Kegiatan olimpiade ini ditujukan agar peserta didik dapat mengembangkan daya pikir,Β bakat dan kemampuannya di berbagai pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Ketua Umum Yasarini.

Ketua Umum Yasarini juga mengharapkan kegiatan olimpiade ini menjadi program rutin tahunan Yasarini guna mendongkrak mutu sekolah-sekolah Angkasa dalam rangka menyiapkan generasi emas Indonesia.

Dalam acara pembukaan, Ketua Yasarini Pengurus Cabang Lanud Sultan Hasanuddin Ibu Yetha Bowo Budiarto beserta siswa-siswi sekolah Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin melepas burung merpati sebanyak 7 pasang. Pelepasan ini menyimbolkan sepasang merpati adalah siswa siswi sekolah Angkasa yang akan mengikuti AMSO, dengan jumlah 7 pasang menunjukkan simbol angka 7 dimana banyak hal di dunia ini yang identik dengan angka 7, diantaranya warna pelangi, jumlah hari dalam seminggu, hingga lapisan langit sebanyak 7 lapis, sehingga Ketua Yasarini Cabang Lanud Sultan Hasanuddin mengharapkan semoga siswa-siswi sekolah Angkasa mampu mencapai cita-citanya setinggi langit.

β€œKegiatan AMSO ini sebagai implementasi dari proses pembelajaran bagi peserta didik dan Dinas Pendidikan Kabupaten Maros senantiasa memberikan kesempatan kepada sekolah Angkasa untuk mengembangkan kemampuan anak didik. Selain itu, juga diharapkan memperoleh hasil yang dicapai dapat berpengaruh terhadap Dinas Pendidikan Kabupaten Maros dan anak didik dapat mengembangkan prestasinya”, ujar Bapak H. Abdul Muis staf Dinas Pendidikan Kabupaten Maros.

Kegiatan ini diikuti 799 siswa kelas 4, 5, 7, 8, 10 dan 11 Sekolah Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin. Selain itu, untuk siswa yang lolos di babak penyisihan akan mengikuti babak final di Jakarta.

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto, S.E. di sela-sela kegiatannya menyampaikan dengan adanya kegiatan ini menjadi sarana pengembangan bakat dan minat serta meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, spiritual guna memacu kemampuan bernalar siswa dalam bidang Matematika, IPA dan IPS.

 

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Siswa Sekolah Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin Siap Bersaing AMSO 2018