TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

SISWA SEMABA TNI AU A-42 PRAKTEKKAN ILMU MEDAN MEMBACA PETA KOMPAS

By 11 Dec 2017Berita
2017-12-11-baca-peta

TNI AU. Sebanyak  380 Prajurit Siswa Semaba PK TNI AU Angkatan ke-42 Skadik 403 mengikuti  latihan Ilmu Medan Peta Kompas (IMPK), di sekitar Lanud Adi Soemarmo dan Kabupaten Boyolali, Kamis (7/12).

Menurut Komandan Skadik 403 Lanud Adi Soemarmo Letkol Adm Febby Adriansah, S.T., MM., mengatakan melalui praktek latihan seperti ini diharapkan para siswa mampu mengaplikasikan pelajaran teori dikelas yang selama ini diberikan oleh para pelatih.

“Para siswa ini belajar cara membidik sudut kompas dengan tepat dan benar sesuai koordinat di medan sebenarnya, dan ilmu  ini sangat penting sebagai  bekal   apabila nanti telah menjadi prajurit  dan mendapat  tugas di medan tempur,  tidak kehilangan arah dan dapat menguasainya medan”, ujar Danskadik 403.

Pembidikan kompas dimulai dari sebelah barat Bandara Adi Soemarmo (Desa Turunan) selanjutnya kearah Wilayah Nogosari dan kembali ke Lanud Adi Soemarmo dengan Long March.  Para siswa menempuh jarak 6 kIlo meter dengan melintasi berbagai medan, medan datar, perbukitan, persawahan dan perkampungan.

Materi pelajaran yang diberikan kepada Siswa Semaba TNI AU sebanyak 52 Jam pelajaran yang terdiri dari 7 jam teori dan 45 jam pelajaran praktek.  Turut mengawasi jalannya latihan para pejabat  dan pelatih Skadik 403.

SISWA SEMABA TNI AU A-42 PRAKTEKKAN ILMU MEDAN MEMBACA PETA KOMPAS