TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Siswa Siswi Berprestasi 10 Besar Disekolah Mengikuti Sosialisasi SMA Pradita Dirgantara di Lanud Dhomber

By 25 Jan 2019 January 28th, 2019 Berita Balakpus
IMG_4008

TNI AU.  SMA Pradita Dirgantara Surakarta mengundang potensi-potensi terbaik di Kalimantan Timur untuk bergabung dalam proses belajar mengajar di tahun ajaran 2019/2020.

Sejumlah siswa dari tiga SMP di kota Balikpapan, yaitu SMP 1, SMP 2, dan SMP 5, menghadiri sosialisasi SMA Pradita Dirgantara di Gedung Serbaguna Lanud Dhomber Balikpapan. Mereka merupakan siswa-siswi berprestasi 10 besar di sekolahnya masing-masing.

SMA Pradita Dirgantara sendiri merupakan sekolah yang didirikan dan dirancang sebagai sekolah unggulan yang mempunyai karakter kedirgantaraan, kecendekiawanan, dan menjunjung tinggi keimanan serta kompetitif ditingkat global dengan tetap menjaga nilai-nilai luhur budaya nasional.

Komandan Lanud Dhomber Balikpapan, Kolonel Pnb Irwan Pramuda, S.E, M.M., yang hadir dalam kegiatan ini menyebut SMA ini merupakan binaan dari yayasan Ardyha Garini di AU, dan kini pihaknya berupaya untuk menjaring siswa-siswi SMP berprestasi di kawasan Balikpapan.

“Sekolah ini masih menetapkan beasiswa, dan kami masih mencari peserta-peserta sehingga beasiswa bisa dipenuhi, sehingga kendepannya anak-anak ini bisa lukus menjadi potensi bibit unggul untuk daerah dan nasional,” ujarnya. Beasiswa yang disediakan merupakan beasiswa penuh, yang diberikan hingga tiga tahun masa studi. “Mulai biaya akomodasi, sekolah, belajar, hingga seragam masih gratis,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Personel Lanud Dhomber Balikpapan, Mayor Adm Yogie Azhar, menyampaikan pihak AU berupaya menyiapkan pribadi anak-anak yang siap dan komplit.

“Komplit itu bukan hanya cerdas darimsisi akademik, tetapi pribadi yang punya nasionalisme, jiwa religius, gotong-royong, cinta kepada bangsa ini. Mereka yang akan kita ambil adalah bibit-bibit unggul, di mana total rata-rata nilainya adalah 90 dari tiga mata pelajaran, yaitu Bahasa Inggris, matematika, dan IPA,” jelasnya. Kedisiplinan tanpa perploncoan dan bullying merupakan hal yang diutamakan dalam kehidupan bersekolah dan asrama. Atmosfer yang ditimbulkan adalah atmosfer akademisi, dan diawasi secara ketat oleh guru-guru. Peserta didik juga akan diasah untuk mengolah pikiran, hati, spiritual, serta moral.

Meskipun membawa nama sekolah penerbangan, SMA Pradita Dirgantara tidak mengharuskan lulusannya masuk ke Angkatan Udara. “Tetapi saya yakin, keluaran dari situ siap ke mana saja. Harapan kami, bukan hanya Balikpapan. Di Kalimantan Timur ini banyak bibit kita. Mari manfaatkan kesempatan ini. Anak-anak kita yang punya potensi, mari kita bina lewat SMA Pradita.”

Pendaftaran SMA Pradita Dirgantara masih akan membuka pendaftaran secara online hingga 31 Januari 2019. Dari seluruh Indonesia, kuota untuk siswa baru ada 200 orang. 

 

Pos Terkait

Kirim Komentar/Pertanyaan

Siswa Siswi Berprestasi 10 Besar Disekolah Mengikuti Sosialisasi SMA Pradita Dirgantara di Lanud Dhomber