Berita

SISWA-SISWI SMP 4 SUBANG STUDY LAPANGAN KE LANUD SURYADARMA

Dibaca: 14 Oleh 19 Mei 2010Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Sekitar 155 siswa-siswi kelas 9 dari 4 kelas di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 4 Kabupaten Subang bersama empat gurunya melaksanakan study lapangan ke Lanud Suryadarma, Jumat (4/12). Study lapangan bertujuan mempelajari materi pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), sejarah dan juga pengenalan dunia kedirgataraan yang ada di Lanud Suryadarma.

 

Menurut Drs Didik Azhari, ketua rombongan yang merupakan guru pelajaran IPS dan sejarah, study lapangan bertujuan mengetahui dari dekat mengenai peran Jepang dalam era Perang Dunia kedua pada 1942 yang sisa-sisa peninggalannya masih ada di Lanud Suryadarma. Salah satu saksi tersebut adalah Museum Rumah Sejarah Kalijati di Lanud Suryadarma. Di museum tersebut siswa-siswa SMP 4 subang mendapatkan penjelasan dan pemandu museum PNS Andam Fitria mengenai awal kedatangan Jepang ke Kalijati yang dimulai dengan pendaratan pasukannya di Pantai Eretan Wetan, Indramayu pada 1 Maret 1942 untuk menuju ke sasaran penyerbuan pangkalan udara Kalijati, Subang sebagai basis Tentara Udara Belanda.

 

Setelah penyerbuan awal tersebut akhirnya terjadi pertempuran, pengejaran dan akhirnya perundingan karena kekalahan Belanda atas Jepang di salah satu rumah dinas perwira udara Belanda di pangkalan udara Kalijati tanggal 8 Maret 1942. Museum Rumah Sejarah tersebut hingga kini masih kokoh dan terawat dengan menyimpan beberapa koleksi seperti foto-foto sejarah, meja-kursi perundingan, beberapa benda sejarah peninggalan penghuni rumah baik warga Belanda maupun Jepang.

Baca juga:  Danlanud Iswahjudi hadiri HUT ke-21 PPAU

 

Rombongan kemudian melihat dari dekat obyek-obyek dunia kedirgataraan di Lanud Suryadarma yaitu Museum Amerta Dirgantara Mandala tempat koleksi beberapa pesawat tua TNI AU dan glider untuk olah raga terbang layang. Mereka dipandu oleh Kapten Adm Sodikin. Tidak ketinggalan mereka juga mengunjungi Skadron Udara 7 untuk mengetahui dari dekat kegiatan penerbangan helikopter di tempat tersebut dengan dipandu Duty Pilot Letda Pnb Wahyu Rahmat P.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel