Berita

Siswa TK Angkasa 7 Mengikuti Pemeriksaan Gigi Berkala

Dibaca: 86 Oleh 02 Nov 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Jangan anggap remeh kesehatan gigi anak. Banyak orang tidak pernah membayangkan bahwa masalah gigi anak dapat berpengaruh pada perkembangan anak. Maka dari itu, betapa penting perhatian orangtua terhadap kesehatan gigi anak, terutama anak-anak yang masih balita. Sebab, kondisi gigi susu akan menentukan pertumbuhan gigi tetap anak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini TK Angkasa 7 Lanud Halim Perdanakusuma bekerjasama dengan Klinik gigi Dental Hauz Pondok Bambu Jakarta Timur mengadakan kegiatan pemeriksaan gigi.Kamis (02/11).

Acara ini dilaksanakan dengan antusias oleh seluruh siswa TK Angkasa 7 yang bertempat di TK Angkasa 7 Komplek Dirgantara 3 Lanud Halim Perdanakusuma. Sebelum diadakan pemeriksaan gigi kepada semua siswa dari Klinik Dental Hauz memberikan penyuluhan manfaat merawat gigi bagi kesehatan.

Adapun hasil yang didapat dari hasil pemeriksaan gigi, terdapat gigi anak yang masih berlubang, keropos dan bahkan harus segera dicabut. Oleh karena itu perawatan gigi sangat penting untuk menghindari proses kerusakan gigi. Namun, di sisi lain ada sebagian siswa yang giginya masih baik dan bahkan mendapat pujian dari dokter.

Baca juga:  Upacara Peringatan HUT ke-74 TNI di Makassar

Menurut Drg. Andini Murbarini pemilik Klinik gigi Dental Hauz, bila anak memiliki gigi yang tidak sehat, dia akan sulit mencerna makanan sehingga proses pertumbuhan si anak akan terganggu. Akibatnya, anak akan mudah terserang penyakit. Setiap orangtua sebaiknya menanamkan suatu prinsip dalam dirinya bahwa anak-anak harus bebas dari rasa sakit gigi dan memberi mereka awal kehidupan yang baik sehingga mereka mampu bersaing di masa datang.

Peran orangtua sangat berperan khususnya saat mulai tumbuhnya gigi yang merupakan proses penting pertumbuhan seorang anak. Orangtuapun harus mengetahui cara merawat gigi anaknya. Orangtua juga harus mengajari anaknya cara merawat gigi dengan baik, yaitu dengan memberi contoh cara menyikat gigi yang benar. Hal ini disampaikan oleh Drg. Rini Wulan, pada seluruh siswa sebelum pemeriksaan gigi dimulai. Drg. Rini menambahkan bahwa makanan yang manis akan membentuk asam yang dapat merusak email gigi. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya gangguan, seperti gigi berlubang atau yang dikenal sebagai karies.

Dengan kegiatan secara berkala ini diharapkan akan meningkatkan kesadaran anak untuk terus menjaga dan merawat gigi dengan benar. Orang tua pun dapat berperan membantu anak untuk memulai rutinitas gosok gigi secara teratur. Kebersihan dan kesehatan gigi hanya dapat dicapai dengan menyikat gigi secara benar, rutin dan teratur setiap hari terutama menjelang tidur.

Baca juga:  Rapat Anggota Tahunan (RAT) Primkopau Lanud Balikpapan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel