Berita

Siswa Wanita Angkatan Udara, Tujuh Hari Latihan Perang ”Merak Sakti”

Dibaca: 30 Oleh 18 Nov 2016Tidak ada komentar
Siswa Wanita Angkatan Udara, Tujuh Hari Latihan Perang ”Merak Sakti”
#TNIAU 

Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal pertama TNI Ir Novyan Samyoga, MM memimpin upacara pembukaan Latihan Berganda “Merak Sakti” bagi Siswa Semaba TNI AU Angkatan ke-41 di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Jumat (18/11).

Dalam sambutannya Komandan Lanud Adisutjipto menyampaikan bahwa Latihan Berganda “Merak Sakti” Tahun 2016 ini, merupakan salah satu bagian dari proses pendidikan di Semaba Wara Skadik 105 Lanud Adisutjipto. Latihan ini merupakan tolak ukur keberhasilan siswa Semaba TNI AU dalam mengaplikasikan pelajaran taktik dan dasar kemiliteran yang sudah didapatkan. Oleh sebab itu para siswa juga harus bisa memanfaatkan kesempatan Latihan Berganda “Merak Sakti” ini, dengan semaksimal mungkin untuk menimba dan mengasah pengetahuan, kemampuan serta ketrampilan sebagai seorang prajurit Angkatan Udara.

Komandan Skadik 105 Letkol Sus Palupi Rahayu, SH menjelaskan bahwa Latihan Berganda merupakan kegiatan yang wajib ditempuh siswa setelah selesai melaksanakan pendidikan Semaba TNI AU Tahap I yaitu materi dasar keprajuritan. Selain itu, tambah Komandan Skadik 105, Latihan berganda juga sebagai bentuk uji kemampuan dan ketrampilan siswa di medan latihan yang sebenarnya dengan menerapkan pelajaran teori dan praktek kemiliteran yang telah diberikan. “Siswa harus melaksanakan latihan dengan baik dan dinyatakan lulus,” . Setelah lulus melaksanakan tahap I barulah para siswa Semaba Wara akan melanjutkan pendidikan Tahap II yaitu pendidikan dasar golongan sebelum mereka dilantik, tegasnya. Sedangkan pendidikan Semaba TNI AU untuk Wara dibuka tanggal 8 September 2016.

Baca juga:  Ikrar Anti Narkoba Sekolah Angkasa Lanud BNY

Latihan yang wajib dilaksanakan oleh siswa Wara ini juga dikenal dengan Latihan Berganda atau Jurit Tangkas atau latihan perang. Latihan ini akan dilaksanakan selama 7 hari mulai tanggal 18 sampai 24 November 2016. Selama latihan, siswa Wara akan melaksanakan kegiatan IMPK (Ilmu Medan Peta dan Kompas), HTF(How To Find) meliputi seluruh latihan Jurit Tangkas diantaranya Turun Tebing, Peluncuran, Penyeberangan Kering, Penyeberangan basah, Bongkar Pasang Senjata, Survival, IC (Infiltration Course), Taktik Tempur Dasar, Serangan Fajar dan Pertahanan Pangkalan”.

Rute pelaksanaan Latihan Berganda akan dimulai dari Hutan Jupiter, Kompleks Denhanud Paskhas, Lava Bantal Jogotirto, Bangkel dan Komplek Sekolah Wara Kaliurang

Kegiatan Upacara pembukaan Latihan berganda Semaba TNI AU Angkatan ke-41 tahun 2016 dihadiri oleh Karuspau Dr Hardjolukito Marsma TNI dr. Didik, Kadisops Kolonel Pnb Indan Gilang B. Komandan Skadik 105 Letkol Sus Sri Palupi, SH, Danskatek 043 dan Perwira dijajaran Lanud Adi serta seluruh anggota Lanud Adisutjipto.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel