Berita

Skadik 504 Wingdikum Terbakar

Dibaca: 23 Oleh 23 Sep 2015Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Asap hitam membumbung di atap Skadik 504 Wingdikum, tepatnya ruang Flight C, tak jarang sebagian asap juga keluar dari sela-sela ventilasi dan sekat pintu. Melihat kondisi yang tidak biasa, kemudian Perwira Jaga, Kapten Kes Mualim memerintahkan Bintara Jaga Serka Mulyono untuk mengamankan barang di dalam ruangan sekaligus menyalakan sirine tanda kebakaran.

Bergegaslah Danskadik 504 Wingdikum Letkol Kes Wargono bersama Kasiopsdik Skadik 504 Wingdikum Mayor Kes Seno mengkoordinir personel Skadik 504 Wingdikum untuk bahu membahu mematikan api yang mulai menjalar ke ruangan Flight A dan B. Sebagian personel mengamankan dokumen penting yang terdapat di ruang dan menghubungi base ops Lanud Halim Perdanakusuma. Dalam suasana panik, mengakibatkan beberapa personel yang membantu memadamkan api mengalami sesak nafas akibat kekurangan oksigen. Hal itu segera diatasi, ketika beberapa siswa Diklatjur PNS Golongan II Kesehatan datang membantu membawa tabung oksigen sebagai pertolongan pertama.

Tak lama iring-iringan mobil pemadam kebakaran, beberapa anggota RSAU dr. Esnawan Antariksa dan Satpom Lanud Halim Perdanakusuma membantu mengamankan daerah dan memadamkan api. Sekitar setengah jam, api dapat dipadamkan, tidak ada korban jiwa hanya beberapa meja dan kursi hangus terbakar.

Baca juga:  Dansekkau Terima Tim Wasrikkap Itjenau

Demikian sepenggal skenario yang berhasil disimulasikan personel Skadik 504 Windikum dalam kegiatan simulasi pemadaman kebakaran yang bekerja sama dengan staf Base Ops, RSAU dr. Esnawan Antariksa dan satpom Lanud Halim Perdanakusuma yang diakhiri dengan tepuk tangan bersama. Menurut Danskadik 504 Wingdikum, kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindakan preventif pencegahan bahaya kebakaran mengingat semakin meningkatnya resiko kebakaran akibat arus pendek listrik. Selain itu, sebagai salah satu tindakan antisipatif akan tanggap bahaya kebarakan di lingkungan pendidikan.

Danwingdikum Kolonel Pnb Danang Setyabudi, S.E., yang hadir dalam simulasi itu turut mengapresiasi pelaksanaan kegiatan, dimana terlihat tiap anggota secara serius mengikuti jalannya proses pemadaman api. “Ini penting untuk dilatih, sehingga seandainya terjadi kebakaran maka dapat segera diatasi dengan memperhatikan aspek keselamatan dan meminimalisir kerugian materiil,”tegasnya. Selain itu, dikatakan pula kondisi musim kemarau menjadikan segala hal menjadi daerah rawan kebakaran, sehingga perlu kesiapsiagaan seluruh personel Wingdikum untuk menjaga dan mengawasi lingkungan sekitar.

Usai simulasi kebakaran, dilanjutkan praktek pemadaman api yang dicontohkan personel Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma dibawah pimpinan Kasubsi Base Resque Kapten Tek Sardjoko dengan menggunakan alat konvensional dan modern kemudian diikuti beberapa perwakilan staf dan siswa Skadik 504 Wingdikum. Hadir dalam simulasi pemadaman kebakaran ini Kadisopsdik Wingdikum Letkol Adm Cuk Hendradinata, Kadispers Wingdikum Letkol Adm Yohanis Tandisosang, Danskadik 501 Wingdikum Letkol Adm Bayu Susilo, Danskadik 503 Wingdikum Letkol Adm Rudy Pristiwawan, Danskadik 505 Wingdikum Letkol Sus Drs. Istarto dan perwakilan dari masing-masing Skadik jajaran Wingdikum.

Baca juga:  Satpomau Lanud Suryadarma Adakan Pekan Disiplin Opsgaktib

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel