Berita

Skadron Udara 12 Laksanakan Latihan Terbang Malam

Dibaca: 3 Oleh 15 Okt 2014Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Seluruh penerbang Skadron Udara 12, Lanud Roesmin Nurjadin melaksanakan latihan terbang malam, Selasa (14/10). Direncanakan terbang malam ini akan berlangsung dalam satu minggu ini.

Danlanud Rsn, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis yang turut hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa, sebagai satuan operasional Lanud Roesmin Nurjadin yang bertugas melaksanakan berbagai misi operasi udara, Skadron Udara 12 harus selalu siap operasi, selain kesiapan alutsista pesawat dan para penerbang yang mengawakinya, tentunya kesiapan seluruh komponen pendukung harus tetap terjaga termasuk kesiapan ground crew yang memiliki andil cukup besar dalam keberhasilan setiap operasi udara yang dilaksanakan.

Disampaikan bahwa, pelaksanaan latihan terbang malam yang digelar ini, bertujuan meningkatkan profesionalisme personel, baik skill (keahlian) maupun kemampuan terbang (profesiensi) para penerbang dan seluruh ground crew pesawat dalam mengantisipasi kemungkinan akan terjadinya gangguan, ancaman serta pelanggaran wilayah udara Indonesia oleh pihak lain, baik yang datang pada waktu siang hari maupun malam hari.

Kepada seluruh penerbang dan personel yang terlibat, Danlanud Rsn, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis menekankan untuk selalu memprioritaskan keselamatan terbang dan kerja selama latihan berlangsung.

Baca juga:  Kadislog Lanud Smo Tutup Lattis Susba Hartib A-18 dan Sus Walmor A-9

Sementara Danskadron Udara 12, Letkol Pnb Jajang Setiawan menyampaikan bahwa, pelaksanaan latihan terbang malam ini bukanlah merupakan sesuatu yang baru, namun harus tetap dilatihkan secara berkala mengingat pelaksanaan terbang malam lebih mengandalkan instrument-instrument yang ada pada pesawat, untuk itu para penerbang dituntut lebih teliti dan hati-hati dalam menerbangkan pesawat serta melakukan manuver-manuver tertentu. “Dengan Latihan ini, kapanpun perintah operasi udara, baik siang maupun malam hari kita selalu siap melaksanakannya”, demikian ditegaskan Danskadron Udara 12.

Latihan terbang malam ini diawali dengan briefing penerbangan yang dilaksanakan di Shelter Skadron Udara 12. Pada hari sebelumnya dilaksanakan kegiatan keagamaan berupa pembacaan surah Yasin dan doa bersama kepada Allah SWT, memohon keselamatan dan keberhasilan dalam pelaksanaan latihan terbang malam ini.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel