Berita

SKADRON UDARA 31 DUKUNG LATIHAN KOPASSUS

Dibaca: 25 Oleh 13 Jul 2011Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma memiliki peran yang besar bagi keberhasilan Latihan Ekspedisi ‘Bukit Barisan’ 2011 Kopassus. Pesawat Hercules C-130 dengan nomor registrasi A-1321 yang diawaki oleh Kapten Pnb Teddy S melaksanakan pergeseran pasukan rombongan terakhir yang dipimpin oleh Mayor Inf Benny dari Bandara Internasional Minangkabau Padang menuju ke Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (12/07) mendarat tepat pukul 14.08 WIB, membawa satu kompi personel Kopassus yang telah selesai melaksanakan latihan di tujuh wilayah di Pulau Sumatera.

Pesawat Hercules C-130 dari Skadron Udara 31 ini menjemput pasukan Kopassus yang awalnya direncanakan dijemput dari Lanud Tabing, Padang. Namun, disebabkan oleh adanya genangan air yang cukup besar volumenya akibat curah hujan yang cukup tinggi sejak semalam di Lanud tersebut. Maka penjemputan oleh pesawat angkut berat Hercules C-130 ini dialihkan ke Bandara Internasional Minangkabau Padang., ujar Kapten Pnb Teddy S kepada Pen Halim P.

Sedangkan menurut Mayor Inf Munir dari Penerangan Kopassus, latihan ekspedisi ini sendiri telah berlangsung sejak 1 Maret dan akan ditutup pada 19 Juli 2011. Dilaksanakan di tujuh wilayah di Sumatera yakni Aceh di Gunung Leuser; Sumatera Utara di Gunung Sinabung; Sumatera Barat di Gunung Singgalang; Jambi di Gunung Kerinci; Bengkulu di Gunung Seublat; Sumatera Selatan di Gunung Dempo; Lampung di Gunung Tanggamus dan terakhir di Tambling Wild National Conservation (TWNC).

Baca juga:  KOOPSAU I TUAN RUMAH RAKOR RENKON KOTAMA OPS TNI KELOMPOK I

Kegiatan yang diprakarsai oleh para pimpinan TNI AD ini serta melibatkan bukan hanya Kopassus namun juga Kostrad, Dittop AD, Wanadri, para Peneliti Perguruan Tinggi, kesatuan TNI AD serta Kepolisian di wilayah Sumatera. “Latihan ini juga melaksanakan kegiatan penjelajahan dan pendakian gunung, penelitian bidang flora dan fauna, sosial budaya, geologi dan mencari daerah-daerah yang memiliki potensi rawan bencana” tegasnya.

Seluruh dokumentasi kegiatan ini telah diabadikan dalam satu buku yang rencananya akan diserahkan kepada Pemerintah RI pada perayaan HUT RI 17 Agustus di Istana Merdeka nantinya. Sebelumnya, pembulatan materi dan evaluasi latihan telah dilaksanakan di TWMC Tambling Lampung pada 7 Juli yang dihadiri oleh Menkopolhukam, Menteri Kehutanan beserta stafnya, Kasum TNI dan Wakasad. Penutupan kegiatan ini nantinya oleh Wakasad di lapangan upacara Mabesad Jakarta Pusat.***

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel