Berita

SKADRON UDARA I LAKSANAKAN LATIHAN LUAR DI LANUD PEKANBARU

Dibaca: 9 Oleh 21 Mei 2010Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Para penerbang Skadron Udara I Lanud Supadio yang dipimpin oleh Danskadud I, Letkol Pnb Tjahya Elang Migdiawan. “Black Hawk” melaksanakan latihan luar berupa penembakan dari udara ke darat (Air to Ground) di Lanud Pekanbaru selama tiga hari mulai hari Senin sampai dengan Kamis, (11/03).

 

Latihan ini menggunakan sasaran darat di Air Weapon Range Siabu, Riau dengan melibatkan 4 pesawat Hawk 109 dan 14 penerbang serta 40 personel pendukung lainnya. Latihan luar ini merupakan siklus latihan profesiensi rutin yang dilaksanakan oleh Skadud I setiap 6 bulan sekali, dengan tujuan meningkatkan kesiapan dan mengasah kemampuan para penerbang dalam melaksanakan penembakan dari udara ke darat.

 

Menurut Danskadron Udara I “Black Hawk” pada saat diwawancarai oleh Kapentak Lanud Pekanbaru mengatakan bahwa, dipilihnya Lanud Pekanbaru sebagai lokasi latihan luar, selain di Lanud Supadio hingga saat ini belum memiliki AWR, Lanud Pekanbaru merupakan Pangkalan Induk yang juga mengoperasionalkan jenis pesawat yang sama yaitu Hawk 109/209 yang dioperasionalkan oleh Skadron Udara 12 Lanud Pekanbaru. Pada kesempatan latihan tersebut setiap penerbang direncanakan melaksanakan penembakan sebanyak 4 Sorties dan setiap penerbang akan menembakkan sebanyak 16 Bom jenis BDI 33 dan 16 Roket kesasaran AWR Siabu pada ketinggian 4000 kaki. Lebih lanjut disampaikan bahwa pesawat melaksanakan Take Off di Lanud Pekanbaru ke IP ( danau buatan ) dan menuju ke AWR Siabu melaksanakan Akademic dan POP UP profile dengan menggunakan bom serta roket kemudian landing kembali di Lanud Pekanbaru.

Baca juga:  Warga Lanud Sultan Hasanuddin Olah Raga Bersama

 

Selain itu Danskadud I yang telah menyelesaikan Sesko di Amerika Serikat ini menyampaikan bahwa, Lanud Pekanbaru memiliki karakteristik yang berbeda dengan Lanud lainnya, dimana Runway Lanud Pekanbaru memiliki sudut kemiringan yang tinggi (Slope) dan juga kondisi cuaca di kota Pekanbaru sering mengalami perubahan secara cepat, hal ini tentunya dapat menambah kemampuan para penerbang dalam melaksanakan suatu misi walaupun dalam situasi dan kondisi yang cukup sulit. Direncanakan hari ini merupakan hari terakhir melaksankan latihan dan kembali ke Homebase besok, Jumat 12/3. (FL)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel