Berita

SMA Angkasa, Representatif Untuk Seleksi Calon Mahasiswa STIN

Dibaca: 128 Oleh 28 Apr 2016Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Pada Tahun 2016 BIN (Badan Inteligen Negara) membuka kesempatan kepada putra putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi Mahasiswa Sekolah Tinggi Intelijen Negara.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN adalah sebuah perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara. Kampusnya terletak di daerah Sentul Bogor, Jawa Barat. Berdirinya STIN bertujuan untuk menyiapkan mahasiswanya menjadi anggota masyarakat intelijen yang memiliki kemampuan akademik dan/atau keahlian profesional sehingga dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu intelijen, ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni bidang intelijen untuk menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pendaftaran untuk wilayah DIY dan Jateng pada kesempatan tahun ajaran baru tahun 2016 ini dilaksanakan di SMA Angkasa Lanud Adisutjipto. Animo pendaftar untuk kesempatan ini adalah cukup besar yaitu sekitar 800 pendaftar. Tes seleksi dilaksanakan 23 sampai dengan 27 April 2016 di SMA Angkasa. Hari Pertama dilaksanakan Tes kemampuan dasar meliputi wawasan kebangsaan, Intelegensi umum, kepribadian personel. Tes hari kedua dilaksanakan Psikology tes atau kesehatan jiwa dan potensi Akademik. Hari ketiga Pemeriksaan kesehatan dan Mental Idiologi tertulis. Hari keempat akan dilaksanakan kesemptaan jasmani , Wawancara mental Idiologi.

Baca juga:  Ketua Yasarini Cabang Lanud Sutan Sjahrir Turut Sosialisasikan SMA Pradita Dirgantara di SMPN 25 Padang

Joko Susilo sebagai Koordinator Staff BIN Pusat, Jakarta mengatakan bahwa pengumaman hasil seleksi akan dilaksanakan melalui email. Berharap semoga seleksi ini dapat masuk banyak. Seleksi ini merupakan seleksi daerah dan nantinya akan diadakan seleksi pusat di Jakarta. Direncanakan akan diterima 124 mahasiswa terdiri 70 persen laki-laki dan 30 persen perempuan.

Seleksi ini diikuti di 6 kota yaitu Jogjakarta, Surabaya, Makasar Palembang, Jakarta dan Medan. Kepala BIN Sutiyoso selaku supervisi juga telah memantau pelaksanaan tes ini di dua kota yaitu Jogjakrta dan Surabaya. Lebih lanjut Sutiyoso mengatakan rencana ke depan Tes seleksi Mahasiswa STIN akan tetap dilaksanakn di SMA Angkasa Adisutjipto. Hal ini mengingat banyak kemudahan dan fasilitas yang cukup mendukug.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel