Berita

SMA Pradita Dirgantara Buka Dapur Umum untuk Korban Banjir di Kalimantan Selatan

Dibaca: 4 Oleh 08 Feb 2021Tidak ada komentar
SMA Pradita Dirgantara Peduli Indonesia Dengan Membuka Dapur Umum Untuk Korban Banjir di Kalimantan Selatan
#TNIAU 

TNI AU. Pangkalan TNI Angkatan Udara Sjamsudin Noor, berbagi dengan korban bencana banjir Kalimantan Selatan melalui dapur umum SMA Pradita Dirgantara. Kamis (4/2/2021). Dapur umum yang di buka Lanud Sjamsudin Noor tersebut merupakan dapur umum SMA Pradita Dirgantara yang mana dalam penggalangan dana di laksanakan secara sosial yang bertajuk ’’SMA Pradita Dirgantara Peduli Indonesia’’ dengan slogan #Praditapeduli.

Seperti diketahui, bencana banjir yang merendam 11 dari 13 Kabupaten/Kota di provinsi Kalimantan Selatan, membuat banyak warga terdampak, bahkan puluhan ribu orang terpaksa harus mengungsi. Kondisi di pengungsian inilah yang menggugah perasaan siswa-siswi beserta para dewan guru dan staf SMA Pradita Dirgantara untuk membuka dapur umum guna membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah di beberapa wilayah di Indonesia salah satunya di Provinsi Kalimantan Selatan.

SMA Pradita Dirgantara adalah merupakan salah satu sekolah unggulan di dibawah naungan TNI AU yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah tepatnya di Lanud Adisoemarmo.  Selain belajar ilmu pengetahuan formal, sekolah ini juga mengajarkan pengetahuan sosial, agar siswa-siswi memahami betapa pentingnya  untuk peduli satu sama lain dengan tujuan untuk memupuk persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini adalah  salah satu contoh yang bisa kita lihat sekarang, yang merupakan wujud komitmen dari Ketua Umum dan siswa-siswi beserta staf dan guru-guru SMA Pradita Dirgantara sebagai bentuk kepedulian dan perhatian dalam membantu dan meringankan warga masyarakat Kalimantan Selatan yang terdampak banjir, sehingga warga dapat tertolong untuk memenuhi keterbatasan pangan sehari-hari akibat banjir. Dapur umum ini direncanakan akan berlangsung secara terus menerus selama Kalimantan Selatan masih dalam masa status tanggap darurat banjir.

Dengan berlangsungnya dapur umum SMA Pradita Dirgantara ini diharapkan dapat membantu para warga yang terdampak untuk memenuhi kebutuhan makanan dan minuman siap saji mengingat daerah-daerah yang masih terendam banjir masih belum bisa melaksanakan aktifitas seperti biasanya. Adapun yang di salurkan dari dapur umum SMA Pradita Dirgantara berupa makanan dan minuman siap saji sebanyak 500 bungkus perhari, bahkan saat ini untuk nasi bungkus sudah mencapai diangka 600 bungkus perhari. Untuk pendistibusiannya dilaksanakan di berbagai tempat di wilayah kelurahan Syamsudin Noor, Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru.

Dalam wawancaranya kepada para awak media, Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj, S.Sos., yang didampingi Ketua PIA AG Cab.11/D.II Lanud Sjamsudin Noor Ny. Rosa Taufiq Arasj mengatakan sejak ditetapkannya status tanggap darurat bencana di Kalsel, Lanud Sjamsudin Noor sudah membuka dapur umum untuk membantu konsumsi korban terdampak banjir. Pendistribusian dilakukan melalui jalur darat maupun udara, sementara untuk operasional dapur umum dimasa tanggap darurat pertama, dibantu langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), serta gabungan Dharma Pertiwi. Sedang untuk dapur umum kedua setelah status tanggap darurat diperpanjang kembali, bantuan datang dari SMA Pradita Dirgantara.

Melalui Lanud Sjamsudin Noor ini, SMA Pradita Dirgantara mendirikan dapur umum. Dengan adanya dapur umum dari SMA Pradita Dirgantara, menunjukkan bahwa kepedulian sosial dari pelajar sekolah unggulan milik TNI AU tersebut, tidak hanya sekadar mencetak lulusan yang berkualitas tapi juga untuk menciptakan kualitas SDM yang baik serta  menumbuhkan jiwa sosial untuk sesama yang terdampak bencana.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Lanud Sjamsudin Noor juga memberikan bantuan berupa 50 pasang sepatu boots dan 500 pcs masker KN95 kepada para awak media dan para relawan yang bertugas ke lapangan untuk membantu warga terdampak banjir. Dengan harapan sinergi antara sesama, baik relawan maupun media bergotong-royong membantu saudara-saudara kita yang mengalami musibah akibat bencana banjir dan semoga musibah ini cepat teratasi dan pulih kembali dan khidupan masyarakat kembali normal seperti sedia kala.

Baca juga:  Jambore Aero Sport 2020, Tampilkan Trailer Film Serigala Langit, Stand Dispenau "Diserbu" Pengunjung

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel