Berita

Sosialisasi Alat Pemadam Api Ringan di Lanud Anang Busra Tarakan

SOSIALISASI ALAT PEMADAM API RINGAN LANUD ANANG BUSRA TARAKAN
#TNIAU 

TNI AU. TARAKAN. Seluruh personel Lanud Anang Busra Tarakan mengikuti sosialisasi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang diselenggarakan oleh Sie Operasi dan Latihan dan Pemadam Kebakaran bandara Juwata Tarakan  di lapangan Dinas Operasi Lanud Anang Busra, Kamis (28/11).

Dalam penjelasan pendahuluan Kasi Operasi dan Latihan Kapten Lek Bubung mengajak segenap personel Lanud agas serius memperhatikan dan aktif bertanya mengenai fungsi dari alat pemadam api ringan dan cara penggunaannya.   Selanjutnya pada kesempatan yang sama, Bapak Zainal Abidin dari senior pemadam kebakaran Bandara Juwata Tarakan memberi paparan singkat mengenai jenis-jenis Apar yakni Apar serbuk atau powder dan Apar Carbon Dioxide (CO2).  Apar biasanya berbentuk tabung berwarna merah dilengkapi noozle. Kapasitas Apar diantaranya seberat 3 kilogram (kg), 4 kg, 6 kg, 9 kg dan 12 kg. Aplikasi Apar dipandang efektif mematikan api berklasifikasi seperti saat kebakaran kompor dan korsleting listrik.   Apar dioperasikan sendiri secara perorangan.    Teknik aplikasinya cukup mudah, ambil Apar dari tempat penyimpanan, tarik pinnya, pegang nozzle atau selang, arahkan ke sumber api.   Tapi mesti diingat jangan berlawanan arah angin dan  harus searah.    Sapukan noozle ke arah kiri ke kanan atau sebaliknya, demikian menurut senior PK Zainal Abidin.

Baca juga:  Lanud Dhomber Sosialisasikan SMA Pradita Dirgantara

Pada sesi terakhir latihan personel Lanud Anang Busra diberikan kesempatan langsung untuk memadamkan api menggunakan Apar, sehingga bisa mempraktekkan ilmu yang diperoleh hari ini.   Dan sebagai tambahan informasi selain Apar yang menggunakan serbuk dan CO2, memadamkan api yang skalanya ringan juga bisa menggunakan fire blanket, serta karung atau bahan lain yang telah dibasahi oleh air.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel