Berita

Sosialisasi Anti Narkoba Dalam Rangka HUT PIA AG Ke-LX tahun 2016

Oleh 12 Okt 2016 Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Dalam menyambut Hut PIA AG Ke-LX tahun 2016, Pia AG cabang 10/D.l Lanud Palembang mengadakan sosialisasi anti narkoba.Dalam sambutan Komandan Pangkalan TNI AU Palembang Kol Pnb Ronald Siregar, ST, MM sebagai pembina PIA AG Cab 10/D.l. Narkoba atau merupakan singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya sekarang ini telah banyak disalahgunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama remaja. Padahal mayoritas pengguna telah mengetahui dampak buruk dari penyalahgunaan narkoba, tetapi hal tersebut tidak dihiraukan. Sebagai TNI beserta keluarganya harus dan wajib untuk menjauhkan diri dari pengaruh narkoba.(Selasa.11/10)

Dalam sosialisasi Anti narkoba sebagai nara sumber kepala Badan narkotika Nasional Prov Sumatera Selatan Brigjen Pol Drs.M.Iswandi Hari ,SH, M.Si, dilanjutkan tanya jawab. Menurut nara sumber narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 35 tahun 2009). Narkotika digolongkan menjadi tiga golongan sebagaimana tertuang dalam lampiran 1 undang-undang tersebut.

Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku (Undang-Undang No. 5/1997). Terdapat empat golongan psikotropika menurut undang-undang tersebut, namun setelah diundangkannya UU No. 35 tahun 2009 tentang narkotika, maka psikotropika golongan I dan II dimasukkan ke dalam golongan narkotika. Dengan demikian saat ini apabila bicara masalah psikotropika hanya menyangkut psikotropika golongan III dan IV sesuai Undang-Undang No. 5/1997. Zat yang termasuk psikotropika antara lain:Sedatin (Pil BK), Rohypnol, Magadon, Valium, Mandrax, Amfetamine, Fensiklidin, Metakualon, Metifenidat, Fenobarbital, Flunitrazepam, Ekstasi, Shabu-shabu, LSD (Lycergic Syntetic Diethylamide) dan sebagainya.

Sosialiasasi tersebut dihadiri seluruh Perwira, Bintara, Tamtama, Pns, serta Anggota PIA AG Cab 10/ D.I Lanud Palembang.Dalam kesempatan tersebut Ketua PIA AG Cab 10/ D.I Lanud Palembang Ny. Ronald Siregar, memberikan cendra mata Kepada nara sumber Kepala BNNP Sumatera Selatan Brigjen Pol Drs.M.Iswandi Hari ,SH, M.Si, dan ditutup dengan sesi Foto Bersama.(Pentak Lanud Plg)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel