Berita

Sosialisasi Binpotdirga di Lanud Supadio

Dibaca: 11 Oleh 23 Sep 2016Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) melalui Asisten Teritorial dan Dinas Potensi Dirgantara TNI AU (Dispotdirgaau) menggelar sosialisasi Pembinaan Potensi Dirgantara di Graha Teddy Kustari (GTK) Lanud Supadio, Kamis (22/9). Selaku narasumber antara lain, Letkol Inf Tomi Feri W dari Ster Mabes TNI, Letkol Sus Vincentsius Puka dari Dispotdirgaau dan Bapak Edy Suwarno dari Dishub Prop. Kalbar. 

Sosialisasi ini diikuti 270 orang dari beberapa elemen masyarakat seperti anggota Lanud Supadio, para personel yang berkecimpung di dunia penerbangan seperti Air Nav, Gapura Angkasa dan Dinas Perhubungan Udara. Selain itu juga diundang masyarakat yang bertempat tinggal disekitar Lanud Supadio, para pelajar dan mahasiswa dan komunitas pecinta olah raga Dirgantara.

Komandan Lanud Supadio Marsekal Pertama TNI Tatang Harlyansyah, S.E yang diwakili Kadispers Letkol Adm Mukhtar Bakhrong dalam sambutannya mengatakan bahwa pembinaan potensi dirgantara merupakan kegiatan membina potensi nasional yang mempunyai kaitan serta kepentingan dengan kedirgantaraan, yang bertujuan untuk mendukung TNI AU dalam melaksanakan tugas-tugas matra udara pada saat damai maupun perang.

Baca juga:  Tingkatkan Minat Dirgantara, Lanud Rsn Buat Mock Up Pesawat

”Sebagai insan TNI AU tentunya kita harus mengetahui dan memahami tugas pokok masing-masing. Tupok tersebut diantaranya membina kesadaran masyarakat terhadap kegiatan penerbangan dengan segala aspeknya, membina kesiagaan dan kewaspadaan masyarakat dalam menanggulangi apabila terjadi kecelakaan pesawat terbang serta termasuk menyebarluaskan minat dirgantara dikalangan masyarakat melalui pembinaan potensi dirgantara”, kata Danlanud Supadio.

Oleh sebab itu, lanjut Danlanud, tanggung jawab pembinaan potensi dirgantara bukan hanya dibebankan kepada seksi Binpotdirga namun tanggung jawab tersebut milik kita bersama. Sehingga tujuan dari pembinaan potensi kedirgantaraan dapat tercapai dengan baik.

Menurut Letkol Sus Vincentsius Puka dari Dispotdirgaau, kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan agar masyarakat disekitar pangkalan udara / bandara mengerti dan memahami sistem pertahanan Negara dan tugas TNI AU yang diamanatkan UU TNI tentang perbedayaan wilayah pertahanan udara yang dilaksanakan TNI AU melalui kegiatan pembinaan potensi dirgantara.

“Disisi lain dengan adanya sosialisasi ini diharapkan agar masyarakat disekitar pangkalan udara atau bandara mempunyai keseragaman pola pikir dan pola tindak yang sama tentang pemberdayaan wilayah pertahanan serta dapat mengaplikasikannya di lingkungan tempat tinggal masing-masing disekitar lanud dan bandara. Maka dari itu, sosialisasi ini bukan hanya diperuntukkan bagi anggota TNI AU tapi juga bagi personel yang bekerja di bandara, pelajar dan mahasiswa dan masyarakat yang berdomisili di sekitar Lanud ataupun bandara”, ujar tim dari Dispotdirgaau.

Baca juga:  Dansekkau : Naik Pangkat Bukanlah Otomatis

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel