Berita

SOSIALISASI BMN BAGI SEKOLAH UMUM DI LANUD SURYADARMA

Dibaca: 11 Oleh 25 Nov 2010Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Untuk memberikan pengertian kepada pengelola tujuh sekolah umum yang selama ini memakai aset TNI AU di lingkungan Lanud Suryadarma, Rabu (24/11) diadakan sosialisasi penataan pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) di ruang rapat Lanud Suryadarma, Kalijati. Sosialisasi diikuti sembilan personel sebagai perwakilan 6 SDN dan 1 SMPN yang selama ini gedung sekolahnya meminjam aset TNI AU di Kalijati.

Sosialisasi dipimpin oleh Kepala Dinas Logistik (Kadislog) Lanud Suryadarma Letnan Kolonel Tek Akbar Yunus, MM yang mewakili Komandan Lanud Suryadarma Kol Pnb Irwan Is. Dunggio, Sos. Disampaikan Kadislog sehubungan dengan penertiban bisnis TNI dan adanya pemagaran lingkungan Lanud Suryadarma diharapkan para pengelola sekolah umum yang selama ini memakai aset TNI AU dapat mengerti tata cara baru dalam pinjam pakai aset tersebut. Ditambahkan setelah adanya penertiban bisnis TNI dan terbitnya aturan Kementerian Keuangan tahun 2008 tentang pelimpahan sebagian wewenang pengelolaan BMN kepada Kanwil Kantor Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang maka setiap peminjam dan pemakai aset negara termasuk TNI AU perijinannya harus melalui badan negara, tidak melalui Lanud Suryadarma lagi.

Sementara itu Kepala Hukum Lanud Suryadarma Mayor Sus Bastian Kadiaman S.H., memaparkan beberapa landasan hukum aturan pengelolaan BMN di lingkungan TNI dan negara. Dijelaskan pula mengenai tata cara administrasi baru mengenai pinjam pakai aset negara yang harus dilakukan. “Mulai saat ini Bapak, Ibu harus melengkapi administrasi pinjam pakai yang meliputi data luas tanah terbaru, surat perjanjian, luas bangunan dan syarat-syarat lainnya”, demikian Mayor Bastian.

Acara juga diisi pula dengan tanya jawab mengenai dampak pemagaran lingkungan Lanud Suryadarma terhadap sekolah-sekolah umum tersebut. Diharapkan oleh pihak Lanud Suryadarma agar sekolah-sekolah umum di lingkungan Lanud Suryadarma berinisiatif melakukan pengamanan dengan pemagaran sendiri terhadap gedung-gedung sekolah yang tidak terjangkau oleh Lanud Suryadarma, juga melakukan tindakan-tindakan yang baik kepada masyarakat sekelilingnya demi pengamanan aset dan gedung-gedung sekolahnya.

Ditekankan Kadislog, terdapat beberapa arahan Danlanud Suryadarma sehubungan dengan hal tersebut yaitu mulai saat ini perijinan pinjam pakai aset TNI AU hanya dapat dilakukan oleh Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten bukan oleh sekolah yang bersangkutan, Lanud Suryadarma kemudian akan melaporkan ke komando atas, selanjutnya mengenai penambahan lahan sesuai aturan Kementerian Keuangan, tidak ada lagi kerjasama dengan pihak lain dan terakhir masalah memelihara kebersihan di lingkungan sekolah.

Baca juga:  Danlanud Beserta Ketua Pia Ardhya Garini Cab. 7/D.I Lanud Wiriadinata Berikan Sumbangan Hewan Kurban ke Pesantren R. Muta’alimin

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel