Berita

SOSIALISASI BPJS DI LANUD ABD

Dibaca: 8 Oleh 28 Nov 2013Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

PT. Asuransi Kesehatan (Askes) akan digantikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang akan diberlakukan mulai tanggal 1 Januari 2014 mendatang. Untuk mengetahui dan memahami tentang BPJS maka hari ini Kamis (28/11) Tim dari PT. Askes Malang mengadakan sosialisasi BPJS bagi anggota Lanud Abd Saleh beserta Insub yang bertempat di Gedung Binayudha Lanud Abd Saleh. 

Kepala Rumah Sakit Lanud Abd Saleh Letkol Kes Dr. Budi Saptono yang menerima kedatangan tim sosialisasi di Binayudha menyambut baik sosialisasi ini, dan mengharapkan kepada para anggota yang hadir untuk menyimak dan mengikutinya dengan sungguh-sungguh agar apa yang dijelaskan oleh tim sosialisasi dapat dipahami dan dimengerti, sehingga nantinya di saat menjelang pensiun para anggota dapat mengurus segala persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan aturan yang ada. 

Selanjutnya Dr. Aji Andriyanto selaku ketua Tim sosialisasi menjelaskan bahwa BPJS merupakan lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia yang akan menggantikan sejumlah lembaga jaminan sosial seperti PT Askes dan PT Jamsostek yang ada di Indonesia. Transformasi PT Askes dan PT Jamsostek menjadi BPJS dilakukan secara bertahap. Pada awal 2014, PT Askes akan menjadi BPJS kesehatan, selanjutnya pada tahun 2015 giliran PT Jamsostek menjadi BPJS Ketenagakerjaan. 

Baca juga:  Insiden Pesawat Bravo Milik TNI AU

Dalam tahap pertama BPJS yang dimulai tanggal 1 Januari 2014, meliputi PBI (Penerima Bantuan Iuran), anggota TNI/PNS dilingkungan Kementrian Pertahanan dan anggota keluarganya, anggota Polri/PNS di lingkungan Polri dan anggota keluarganya, peserta asuransi kesehatan Persero Asuransi Kesehatan dan anggota keluarganya, dan peserta Jamsostek beserta anggota keluarganya. Sementara untuk tahap kedua BPJS meliputi seluruh penduduk yang belum masuk sebagai peserta BPJS kesehatan paling lambat tanggal 1 Januari 2019. Sistem jaminan sosial ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur. 

Ditekankan bahwa semua penduduk Indonesia wajib menjadi peserta jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS termasuk orang Asing yang telah bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia dan telah membayar iuran.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel