Berita

Sosialisasi BPTP Pada acara Arisan PIA Ardhya Garini Lanud El Tari

Dibaca: 15 Oleh 10 Mei 2013Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kupang (BPTP ) , pada acara khusus Arisan PIA Ardhya Garini Cabang 7 D/ II Lanud El Tari yang diselenggarakan secara rutin setiap bulan ini, juga di laksanakan sosialisasi tentang rumah pangan lestari yang di bawakan oleh Ir. Amirudin Pohan dan rombongan. Hadir Dan Lanud El Tari Kolonel Pnb Eko Dono Indarto, S.IP.,beserta Ibu , para pejabat Lanud El Tari, kompi ‘’D’’ BS Paskhas Kupang, warakawuri dan seluruh warga Lanud El Tari, acara dilangsungkan di Gedung Serbaguna, Lanud El Tari. Jum’at. ( 10/5 ).

Komandan Lanud El Tari Kolonel Pnb Eko Dono Indarto,S.IP, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Ir. Amirudin Pohan dan rombongan dari BPTP Kupang yang telah berkenan hadir meluangkan waktu, jam kerjanya di kantor untuk menengok Lanud El Tari dalam rangka berbagi Ilmu dan mensosialisasikan tentang Program Rumah Pangan Lestari (PRPL) yang tergabung dalam acara Arisan PIA Ardhya Garini ini. Dan diharapkan dengan disosialisasikan tentang rumah pangan lestari ini dapat memberikan pencerahan dan sumbangsih bagi warga Lanud El Tari untuk memberdayakan lingkungan yang ada di Lanud El Tari ini.

Baca juga:  Yonko 462 Paskhas Melaksanakan Vaksinasi Covid-19 Gelombang II

Di Lanud El Tari ini masih banyak lahan kosong yang belum terkelola dengan baik, di sisi lain kebutuhan akan keperluan hidup sehari-hari semakin meningkat. Tetapi apa hendak dikata bahwa keterbatasan pengetahuan dan ketrampilan untuk mengelola lingkungan belum dimiliki dengan baik. Sehingga diharapkan dengan adanya pencerahan dari BPTP ini dapat membuka cakrawala pandang para anggota, untuk mau memanfaatkan area pekarangan rumah, halaman bahkan kebun yang ada di sekitarnya dengan penanaman berbagai macam tumbuhan dan dan tanaman yang menghasilkan. Survey dari BPTP membuktikan bahwa pekarangan rumah yang dikelola dengan baik ditanami dengan berbagai kebutuhan dapur dapat menghemat belanja rumah tangga Rp 300 ribu – Rp 400 ribu per bulan. Dengan demikian secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan kesejahteraan kehidupan berumah tangga para anggota. Karena itu pada kesempatan ini lembaga BPTP bersedia untuk membantu sosialisasi dan bimbingan teknis melalui PRPL ini. Bantuan yang diberikan meliputi pengadaan bibit, pupuk, polly bag maupun plastik pelindung UV dan juga bimbingan teknis. Harapannya bahwa di masing-masing perumahan dinas Lanud El Tari dapat dipenuhi dengan berbagai macam tumbuhan dan tanaman, selain itu lingkungan akan jadi asri karena terlihat warna hijau dimana-mana.

Baca juga:  SMK GUTAMA AKHIRI PRAKERIN DI SKATEK 021 LANUD HALIM PERDANAKUSUMA

Selain dari pada itu PBTP juga siap membantu dan mendukung program Lanud El Tari dan propinsi NTT tentang budi daya tanaman jagung. Lahan luas Lanud El tari dapat menjadi show window nya bagi promosi tanaman jagung di NTT, dengan adanya bandara dapat mengantarkan para tamu yang keluar masuk propinsi NTT melihat area perkebunan jagung yang ditanam di Lanud. Kegiatan pendampingan dari BPTP ini juga telah dilakukan kerjasama dengan pihak dari TNI AD maupun TNI AL untuk membantu meningkatkan kesejahteraan anggota.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel