Berita

Sosialisasi Doktrin dan Petunjuk di Lanud Sulaiman

Dibaca: 28 Oleh 24 Sep 2020Tidak ada komentar
Sosialisasi Doktrin dan Petunjuk di Lanud Sulaiman
#TNIAU 

TNI AU. LANUD SLM. Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Mohammad Nurdin mendampingi Kolonel Sus Drs. Robby Machmud Fauzi, M.AP., selaku Paban I/ Dok Ditdok saat memberikan sosialisasi stratifikasi doktrin dan  petunjuk kepada 50 orang perwakilan personel Lanud Sulaiman dan jajaran skadik, Rabu (23/9/2020), yang dilaksanakan di gedung serba guna Skadik 201 Lanud Sulaiman, Kec. Margahayu, Kab. Bandung.

Kodiklatau selaku Satuan Pembina Sistem (SPS) dan juga sebagai Satuan Pembina Materi (SPM) bidang Doktrin dan Petunjuk di lingkungan TNI AU telah melaksanakan penyusunan dan merevisi terhadap beberapa doktrin dan petunjuk TNI Angkatan Udara, diantaranya adalah doktrin Swa Bhuana Paksa yang telah disahkan berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/545/V/2019, Stratifikasi Doktrin di lingkungan TNI AU berdasarkan Keputusan Kasau Nomor Kep/245/X/2019, dan Petunjuk Penyelenggaraan Penyusunan/Penerbitan Doktrin di Lingkungan TNI AU berdasarkan Kep Kasau Nomor Kep/285/XI/2019.

Hal tersebut disampaikan Direktur Doktrin Kodiklatau Marsma TNI Irwan Is.Dunggio, S.Sos., dalam sambutan tertulis yang dibacakan Paban I/ Dok Ditdok yang juga menyatakan bahwa ketiga produk hukum tersebut memiliki arti penting dan strategis sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, proses penyusunan, revisi, penerbitan doktrin dan petunjuk yang menjadi tugas masing-masing Satuan Pembina Materi Khusus (SPMK) di lingkungan TNI Angkatan Udara.

Sedangkan Komandan Lanud Sulaiman dalam sambutannya menyampaikan harapan kepada para peserta sosialisasi agar dapat menyimak dengan baik sehingga dapat memperoleh gambaran tentang hal-hal yang berkaitan dengan doktrin yang nantinya dapat menjadi pedoman bagi para personel Lanud Sulaiman dalam mendukung pelaksanaan tugas.

Paban I/ Dok Ditdok pada kesempatan pertama menyampaikan pemahaman dasar tentang Doktrin TNI AU. Dikatakan bahwa doktrin TNI AU adalah segala sesuatu yang menjadi pedoman bagi TNI AU dalam melaksanakan tugasnya. Swa Bhuwana Paksa merupakan doktrin induk TNI AU, dengan tujuan bahwa keberadaan doktrin TNI AU diperlukan sebagai sarana bagi Kasau untuk menuangkan kebijakan-kebijakan terkait pembinaan dan pembangunan kekuatan matra udara, baik dalam rangka OMP dan OMSP di bawah komando Panglima TNI, maupun dalam melaksanakan tugas matra udara di bawah komando Kasau.   Sedangkan  Kedudukan doktrin TNI AU SBP berada pada posisi paling tinggi di TNI AU yang menjadi pedoman bagi semua SPM/SPMK dalam penyusunan dan penerbitan doktrin masing-masing bidangnya pada strata-strata di bawahnya.  

Sedangkan Letkol Kes Samidi, S.Pd., pada materi tentang Jukref Tingkat I Stratifikasi Doktrin menyampaikan pemahaman tentang apa itu doktrin, kegunaan dan sifat doktrin, faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan doktrin, perbandingan stratifikasi petunjuk TNI yang lama dan baru, bedah doktrin yang terbagi atas Doktrin TNI, Doktrin Angkatan, Doktrin Operasional, dan Doktrin Taktis serta paradigma stratifikasi doktrin dan petunjuk yang dalam proses penyempurnaan strata dan peta petunjuk TNI/Angkatan  memiliki orientasi utama, yaitu lancar dan optimal dalam setiap kegiatan serta penjelasan lainnya yang berkaitan dengan doktrin dan petunjuk. Stratifikasi Doktrin TNI AU berperan sebagai penyelaras dan pemersatu pola pikir dalam membangun sistem doktrin TNI AU secara keseluruhan. Sedangkan perannya sebagai pedoman bagi SPM baik di bidang operasi maupun fungsi di lingkungan TNI AU dalam membangun sistem doktrin di bidangnya masing-masing. “Hal tersebut merupakan tolak ukur dalam menilai kinerja setiap satuan yang sangat berpengaruh pad status atau akuntabilitas TNI AU sebagai bagian  integral alat negara secara keseluruhan,” Jelasnya.

#Sulaimanberiman(bersih,integritas,aman)

Baca juga:  Dampingi Menhan RI, Kasau Terima Delegasi Menhan RRT

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel