Berita

SOSIALISASI FLU BABI (H1N1) DI LANUD SAM

Dibaca: 8 Oleh 16 Mei 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Mengingat sudah adanya warga di Kalimantan Selatan yang terjangkit flu babi maka jajaran Lanud Sjamsudin Noor menganggap perlu mengadakan sosialisasi pengenalan tentang bahaya flu babi dan pencegahannya. Sosialisasi yang dipaparkan oleh Kapten Kes drg. Defi Hastuti dari tim kesehatan Lanud Sam mencoba mengulas mengenai dampak dari flu babi, cara penularan, serta gejala-gejala yang dialami.

 

H1N1 atau yang disebut dengan flu babi yang berkembang di Indonesia dan kini sudah mulai masuk di wilayah Kalimantan Selatan selain membahayakan juga hingga saat ini belum ada vaksin yang dapat mencegah virus membahayakan tersebut sehingga yang dapat dilakukan hanyalah sebatas pencegahan dan penangkalan.

 

Penularan virus flu babi dapat secara langsung dari babi yang terinfeksi H1N1 atau dengan benda yang terkontaminasi dengan virus tersebut, penularan antar manusia juga dapat terjadi melalui batuk, flu, atau bersin yang dilakukan oleh orang yang terjangkit flu babi. Gejala yang ditimbulkan adalah: demam, batuk-batuk, nyeri tenggorokan, sakit kepala, lemas dan letih, diare serta muntah-muntah. Dengan hal tersebut yang sudah dijelaskan maka bagi seluruh anggota Lanud Sam diharapkan selalu waspada dan menjaga selalu kesehatan diri masing-masing dan keluarga, serta dapat bertindak cepat jika ada anggota keluarga yang mengalami gejala tersebut untuk segera membawa ke rumah sakit untuk mendapat penanganan pertama.

Baca juga:  Serah Terima Jabatan Aspers Kosek Hanudnas II

 

Lanud Sjamsudin Noor yang bersebelahan langsung dengan Bandara Sjamsudin Noor dapat dengan mudah terjangkit virus H1N1 tersebut, hal ini dikarenakan ketidak tahuan kita akan penularan virus tersebut yang mungkin dibawa oleh wisatawan lokal maupun manca negara yang masuk ke wilayah Kalimantan Selatan melalui pintu Bandara Sjamsudin Noor. Kini tercatat 6 orang yang positif terjangkit virus flu babi dan kini ditangani oleh RSUD Ulin, Banjarmasin. Acara yang dihadiri oleh seluruh anggota Lanud Sjamsudin Noor sangat menarik dan menimbulkan banyak perhatian dari para anggota, mulai keingintahuan cara pencegahan maupun penanganannya bahkan dampak yang ditimbulkan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel