Berita

Sosialisasi HIV/AIDS di Lanud Wiriadinata

Dibaca: 2 Oleh 20 Agu 2013Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Virus HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan menimbulkan AIDS. Hingga saat ini penyakit menular yang disebabkan kontak luka langsung dengan penderita ini belum ada obatnya. Demikian yang disampaikan oleh Lettu Kes Dr.Hari Pakes Lanud Wiriadinata kepada seluruh Personel Lanud Wir dalam sosialisasi HIV/AIDS setelah pelaksanan apel pagi bertempat di lapangan apel Lanud Wir, Senin (19/8). Hadir pada kesempatan tersebut Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Pnb Indan Gilang B., S.Sos beserta para Kadis dan Dansatpom.

Lebih lanjut Lettu Kes Dr.Hari menerangkan bahwa AIDS dapat ditularkan lewat jarum suntik secara bergantian, hubungan sex bebas, transfusi darah, melalui ibu hamil pengidap HIV pada janin yang dikandung atau bayi yang dilahirkan. dan tidak menular apabila kita hidup serumah dengan penderita HIV/AIDS secara normal, melakukan kegiatan bersama seperti berenang, berjabat tangan, berciuman,makan bersama dll. Menurutnya, Untuk pencegahannya yang paling aman yaitu dengan tidak melakukan hubungan sexual yang tidak aman, berlaku saling setia terhadap pasangan, jauhi penggunaan narkoba terutama yang menggunakan jarum suntik.

Baca juga:  Personel Lanud Wiriadinata Perbaiki Pagar Kawat Keliling Tapal Batas

Hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penderita HIV/AIDS, obat-obat yang digunakan sekarang ini hanya bersifat menghambat perkembangbiakan virus di dalam darah dan untuk menghilangkan rasa sakit sipenderita. Yang perlu diperhatikan bagi penderita HIV yaitu dengan cara hidup yang positif seperti istirahat cukup, memenuhi asupan nutrisi, menghindari stress dan meminum obat anti retroviral sesuai anjuran dokter.jelasnya

Diharapkannya, dengan pengetahuan yang didapat bisa membuat personel Lanud wiriadinata bertindak lebih bijak dalam bertindak dan berprilaku agar terhindar dari penyakit tersebut. dan diharapkan tidak mengucilkan mereka yang sudah positif terinfeksi HIV dan AIDS.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel