Berita

SOSIALISASI HUKUM DAN POMAU DI LANUD SULAIMAN

Dibaca: 35 Oleh 03 Sep 2013Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Bertempat di gedung balai prajurit Cendrawasih, sebanyak 84 personel Lanud Sulaiman yang mewakili setiap dinas dan skadik mengikuti ceramah sosialisasi bidang hukum dan Kepolisian Militer yang disampaikan tim dari Kodikau pada Senin (2/9).

Komandan Kodikau dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asren Kodikau Kolonel Pnb Gatot Purwanto, M.Si(Han)., menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi bidang hukum dan Kepolisian Militer ini sangat penting artinya, apabila dikaitkan dengan upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) TNI Angkatan Udara yang mempunyai mental tinggi, berjiwa disiplin, selalu mengikuti perkembangan dunia serta patuh terhadap hukum yang berlaku. Dengan kata lain SDM yang berkualitas dan bermoral sehingga akan menunjang pelaksanaan tugas satuan dengan benar dan tepat tanpa mengabaikan tujuan utama yang hendak dicapai, kata Dankodikau.

Dankodikau berharap seluruh personel militer dan PNS Lanud Sulaiman dapat memahami dan meningkatkan kesadaran hukum terhadap semua peraturan yang berlaku. ”Dan apabila diantara personel ada yang mempunyai masalah hukum dapat menggunakan haknya untuk memperoleh bantuan hukum secara cuma-cuma tanpa biaya, semua biaya untuk proses hukum ditanggung oleh negara baik dalam penyelesaian perkara di pengadilan maupun di luar pengadilan. ”Hal ini sebagaimana yang diatur dalam UU Nomor : 34/2004 tentang TNI dan Peraturan Pemerintah nomor : 39/2010 tentang administrasi prajurit”, jelas Dankodik.

Harapan lain yang ingin dicapai dengan adanya sosialisasi di bidang hukum dan kepolisian militer serta adanya masukan dan pemahaman yang berkaitan dengan pembinaan personel, dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap semua peraturan yang berlaku. Sehingga dalam kehidupan kedinasan maupun dalam kehidupan keluarga dapat berjalan baik dan tercipta suasana yang saling mendukung di dalam pelaksanaan tugas yang menjadi tanggung jawab kita bersama dalam meningkatkan disiplin dan meminimalisir pelanggaran hukum.

Acara dilanjutkan dengan paparan dibidang hukum dan polisi militer. Untuk bidang hukum disampaikan oleh Kakum Kodikau Letkol Sus Bambang Subiyantoro yang membahas mengenai Sanksi Administratif Bagi Prajurit yang Terlibat Kasus, dan Kasi Gakkum Mayor Sus Siti Mulyaningsih menyampaikan materi tentang Bantuan Hukum di Lingkungan TNI Angkatan Udara.

Sedangkakan untuk Pomau disampaikan oleh Danpom Kodikau Letkol Pom Muhammad Nur memaparkan tentang Surat Ijin Mengemudi, dan Kasi Lidpamfik Mayor Pom Saut Valentinus yang menjelaskan tentang Penyelenggaraan Tahanan dan Tuna Tertib Militer. Dalam setiap akhir paparan anggota juga diberi kesempatan untuk tanya jawab.

Baca juga:  KASKOOPSAU II TUTUP PELATIHAN PPGD DI MAKOOPSAU II

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel